Dark/Light Mode

Stok Beras Nasional Cukup Sampai Lebaran

Bantuan Pangan Dikucurkan, Bapanas Pede Tepat Sasaran

Kamis, 4 Januari 2024 07:10 WIB
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi. (Foto: Antara)
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Bantuan pangan beras, lanjut Arief, merupakan salah satu program Pemerintah untuk ban­talan ekonomi masyarakat dalam menghadapi dampak fenomena cuaca El Nino.

Dengan beras 10 kilogram (kg) per bulan, akan membantu kebutuhan konsumsi bulanan bagi masyarakat berpendapatan rendah selama tiga bulan.

Dia menjelaskan, hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Suse­nas) yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2023 menunjukkan, konsumsi beras per kapita dalam sebulan mengalami peningkatan. Dari 6,4 kg tahun 2019 menjadi 6,6 kg tahun 2023.

Baca juga : Ganjar Pastikan Bansos Lanjut Dan Tepat Sasaran

Bantuan pangan beras ini juga turut andil menurunkan daerah rentan rawan pangan tahun 2024. Tentunya beriringan dengan upaya lain yang dilakukan Pemerintah, sehingga secara sinergis dapat membuahkan hasil yang positif dalam menjaga perekonomian.

Pada 2023, Bapanas telah menyusun FSVA (Food Security and Vulnerability Atlas) atau Peta Kerentanan dan Ketahanan Pangan. Hasilnya cukup menggembirakan.

Pada 2023 jumlah daerah rentan rawan pangan menurun menjadi 68 kabupaten/kota. Sebelumnya, tahun 2022 terdapat 74 kabupaten/kota yang mengalami rentan rawan pangan.

Baca juga : Ganjar Pastikan Bansos Lanjut, Tapi Dengan KTP Sakti Untuk Jamin Tepat Sasaran

“Ini artinya, situasi ketahanan pangan Indonesia tahun 2023 meningkat dibandingkan tahun 2022,” ujar Arief.

Sebelumnya, Jokowi menga­takan, jika Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2024 cukup, program bantuan pangan beras akan di­lanjutkan pada April, Mei dan Juni.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 4/1/2024 dengan judul Stok Beras Nasional Cukup Sampai Lebaran, Bantuan Pangan Dikucurkan, Bapanas Pede Tepat Sasaran

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.