Dark/Light Mode

Ganjar Pastikan Bansos Lanjut Dan Tepat Sasaran

Rabu, 3 Januari 2024 14:40 WIB
Calon Presiden Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.
Calon Presiden Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menegaskan, penyaluran bantuan sosial ke masyarakat banyak dikomplain karena salah sasaran.

Banyak masyarakat yang masuk dalam kategori penerima, malah tidak mendapatkan bansos. Komplain masyarakat tersebut disampaikan kepada Ganjar-Mahfud MD di saat keduanya turun ke masyarakat dalam rangka melaksanakan kampanye terbuka.

"Saya keliling ke daerah-daerah di Indonesia. Banyak komplain soal siapa yang paling berhak sebenarnya mendapat bantuan (sosial)," kata Ganjar, Rabu (3/1/2024).

Baca juga : Ganjar-Mahfud Janjikan Pekerjaan Ringan Bagi Lansia Yang Masih Mau Kerja

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu menyatakan sudah punya cara untuk mengatasi penyaluran bansos. Program ampuh yang bakal dijalankan Ganjar, yakni KTP Sakti.

KTP Sakti merupakan upaya Ganjar-Mahfud untuk memperbaiki data penduduk. Program tersebut sekaligus bakal memudahkan masyarakat untuk mengakses berbagai layanan terkait kebutuhan mereka.

Dia menjelaskan, program KTP Sakti nantinya bakal menyatukan berbagai program bansos yang sudah ada. Dengan demikian, semua program bantuan Pemerintah akan terintegrasi di satu platform.

Baca juga : Ganjar Minta Politisasi Bansos Dihentikan

"Kita hanya butuh satu kartu, yaitu KTP yang sudah dipegang setiap penduduk untuk menyalurkan bansos maupun untuk semua kebutuhan layanan masyarakat," ucap dia.

Sebagaimana diketahui sudah ada banyak program bansos yang dicanangkan Pemerintah. Sebut saja subsidi pendidikan yang mencakup Program Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Indonesia Pintar Kuliah.

Selanjutnya, Subsidi keluarga miskin, Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Sembako Murah, Kartu Prakerja, Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Kemudian, subsidi usaha produktif, Kartu Tani, Pupuk, Solar Nelayan dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro dan UMKM.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.