Dark/Light Mode

Setelah Hampir 50 Tahun Dikuasai Asing

Wow, Pertamina Sukses Kuasai Ladang Migas Terbesar RI

Minggu, 20 Oktober 2019 12:35 WIB
Setelah Hampir 50 Tahun Dikuasai Asing Wow, Pertamina Sukses Kuasai Ladang Migas Terbesar RI

RM.id  Rakyat Merdeka - Terhitung mulai 1 Januari 2018, Blok Mahakam, yang saat itu merupakan blok penghasil gas bumi terbsar di Indonesia, dialih kelolakan ke PT Pertamina (Persero). BUMN tersebut akan mengelola mayoritas saham Blok Mahakam, dengan minimal 10 persen kepemilikan Pemerintah Daerah.

Baca juga : Setelah Gempa 6.8 SR, Ambon Digoyang 69 Gempa Susulan

Setahun berselang, Pemerintah kembali mempercayakan blok minyak raksasa, Blok Rokan untuk dialihkelolakan kepada Pertamina pada tahun 2021 nanti. Saat ini, Blok Rokan menyumbang 26 persen dari total produksi nasional. Dengan tambahan ini, kontribusi Pertamina dalam produksi minyak nasional nantinya akan menjadi 60 persen dari yang saat ini sekitar 40 persen. Komitmen ini sebagai wujud keseriusan Pemerintah menjadikan Pertamina tuan rumah di negeri sendiri dan punya daya saing global.

Baca juga : Sertifikasi Ekspor Pertanian Asal Sulut Naik Tajam

“Pemerintah ingin Pertamina menjadi National Oil Company kelas dunia yang dapat berdiri di atas kaki sendiri, itu visi kita,” cetus Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.