Dark/Light Mode

Gaet 4 BPD, Askrindo Teken Kerjasama Kredit Usaha Alsintan

Rabu, 10 Januari 2024 08:38 WIB
Askrindo dan 4 Bank Pembangunan Daerah saat menandatangani perjanjian Kerjasama Penjamin Kredit Usaha Alat (KUA) dan Mesin Pertanian di Surabaya, Jawa Timur, Senin (8/1/2024). (Foto: Dok. Askrindo)
Askrindo dan 4 Bank Pembangunan Daerah saat menandatangani perjanjian Kerjasama Penjamin Kredit Usaha Alat (KUA) dan Mesin Pertanian di Surabaya, Jawa Timur, Senin (8/1/2024). (Foto: Dok. Askrindo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mendukung ketahanan pangan melalui Program Kredit Usaha Alsintan Kementerian Pertanian (Kementan), PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo bekerjasama dengan BPD Bali, BPD Jateng, BPD DIY, dan Bank Sumut.

Kerjasama tersebut dijalin melalui Perjanjian Kerjasama Penjamin Kredit Usaha Alat dan Mesin Pertanian (KUA) di Surabaya, Jawa Timur, Senin (8/1/2024).

Perjanjian Kerjasama tersebut ditandatangani oleh Plt. Direktur Utama Askrindo, Liston Simanjuntak dengan Direktur Utama BPD Bali, I Nyoman sudharma; Plt. Direktur Utama Bank Jateng, Irianto Harko Saputro; Direktur Pemasaran Bank Sumut, Hadi Sucipto; dan Direktur Utama BPD DIY, Santoso Rohmad yang disaksikan oleh Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia, Gede Edy Prasetya dan Direktur Bisnis PT Askrindo, Budhi Novianto.

Baca juga : Gelar Festival UMKM 2023, Sinar Mas Kerek Daya Saing Usaha Kecil

Plt Direktur Utama Askrindo, Liston Simanjuntak mengatakan dengan adanya program Kredit Usaha Alsintan tersebut banyak manfaat yang dirasakan oleh para petani, diantaranya, dapat mendorong kemandirian petani.

“Askrindo hadir untuk memberikan jaminan atas risiko pengembalian Kredit Usaha Alat Dan Mesin Pertanian (KUA) yang diberikan kepada terjamin/debitur Kredit Usaha Alat Dan Mesin Pertanian (KUA) untuk pembelian alat dan mesin pertanian yang diusahakan sebagai taksi alat dan mesin pertanian pada tahapan pra panen, panen, dan pasca panen,” ujar Liston dalam keterangannya, Rabu (10/1/2024).

Liston menegaskan, Askrindo senantiasa mendukung program-program strategis pemerintah, diberbagai sektor salah satunya sektor pertanian.

Baca juga : Gagal Stop Tindakan Brutal Israel Ke Gaza, Kredibilitas AS Rontok

“Dengan kerjasama ini diharapkan para petani semakin percaya diri dan dapat meningkatkan produksi sehingga pada akhirnya meningkatkan pendapatan petani dan mendukung ketahanan pangan," ucap Liston.

Sementara itu Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Gede Edy Prasetya mengungkapkan, penguatan sektor pangan menjadi salah satu prioritas utama pemerintah dalam menjaga stabilitas perekonomian nasional, terlebih lagi untuk menghadapi ancaman perubahan iklim dan dinamika geopolitik global.

Pemerintah berupaya meningkatkan ketahanan pangan dengan mendorong produktivitas hasil pertanian. Salah satunya melalui mekanisme modernisasi taksi alat dan mesin pertanian (Alsintan).

Baca juga : Kepala BNPT Ajak Mahasiswa Teladani Sengamat Kebangsaan Pahlawan

Untuk diketahui, program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian ini, memperkenalkan teknologi pertanian kepada petani dan turut mempercepat pemulihan ekonomi di sektor pertanian.

Dalam kesempatan yang sama, keempat bank tersebut juga melakukan kerjasama dengan Jamkrindo, yang juga merupakan anggota holding Indonesia Financial Group.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.