Dark/Light Mode

Hadiri World Economic Forum

Sunarso: BRI Udah Sejalan Dengan Agenda WEF 2024

Kamis, 18 Januari 2024 07:20 WIB
Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sunarso. (Foto: Dok. BRI)
Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sunarso. (Foto: Dok. BRI)

 Sebelumnya 
Contoh lain adalah peman­faatan AI pada BRImo, AI di­gunakan dalam memberikan rekomendasi transaksi, serta penawaran produk yang custom­ize sesuai profil nasabah.

Artinya, pemanfaatan AI tersebut terbukti mampu men­gakselerasi kinerja BRImo. Dan saat ini BRImo telah menjelma sebagai super apps serba bisa.

“Yang telah digunakan oleh 31,6 juta users dengan volume transaksi mencapai Rp 4.158 triliun atau tumbuh 55,8 persen year on year (yoy) per Desember 2023,” ucap Sunarso.

Sunarso melanjutkan, bahwa yang menarik minat peserta WEF adalah hal-hal yang berkaitan dengan isu Environmental, So­cial and Governance (ESG).

Baca juga : Hore, Man City Juara Piala Dunia Antarklub 2023

Dan ESG ini memiliki peranan penting untuk mendukung keberlanjutan kehidupan manusia serta mendorong tingkat kemakmuran (prosperity).

Hingga Kuartal III tahun 2023, BRI telah menyalurkan kredit ke sektor Kategori Kegiatan Usaha Berkelanjutan (KKUB) sebesar Rp 750,9 triliun, atau sekitar 66,1 persen dari total penyaluran kredit BRI. Angka ini mengalami pening­katan sebesar 11,9 persen yoy. Dari nominal tersebut, sebesar Rp 669,1 triliun disalurkan ke sektor UMKM.

“Dan Rp 81,8 triliun disalurkan ke sektor Kegiatan Usa­ha Berwawasan Lingkungan (KUBL),” tambah Sunarso.

Dari sisi environmental untuk mengatasi perubahan iklim, saat ini BRI memiliki flag­ship program BRI Menanam.

Baca juga : Menlu: Kerja Sama Ekonomi Jadi Fokus Hubungan Bilateral Dengan 10 Negara Sahabat

Hingga akhir 2023, program BRI Menanam telah berhasil menanam 1,9 juta bibit diseluruh Indonesia, dengan estimasi penyerapan CO2e sebesar 875.013 kgCO2e.

Di samping itu, dalam hal pen­gelolaan emisi dari operasional perusahaan, Sunarso menjelas­kan bahwa BRI telah mengadopsi global standard SBTi (Science-Based Target initiatives). Yaitu dengan mengimplementasikan inisiatif yang secara langsung dapat menurunkan emisi yang dihasilkan dari kegiatan opera­sional maupun bisnis perusahaan.

Seperti penggunaan kenda­raan listrik, pemasangan solar panel, penggunaan teknologi lain yang rendah emisi.

Menutup sharing-nya, Suna­rso kembali menegaskan bahwa apa yang menjadi visi, strategi, dan yang dikerjakan BRI telah sejalan dengan agenda prioritas yang concern internasional pada World Economic Forum.

Baca juga : Mardiono Minta PPP Sumut Kerja Sama Dengan Parpol Koalisi Menangkan Pemilu 2024

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 18/1/2024 dengan judul Hadiri World Economic Forum, Sunarso: BRI Udah Sejalan Dengan Agenda WEF 2024    

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.