Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hari Pertama Dikenalkan, Calon Menteri Baru Jokowi Bikin Rupiah Dan IHSG Bersinar

Selasa, 22 Oktober 2019 08:08 WIB
Sejumlah calon menteri Jokowi jilid dua dipanggil ke Istana, senin (21/10).
Sejumlah calon menteri Jokowi jilid dua dipanggil ke Istana, senin (21/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemarin, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) makin perkasa di perdagangan pasar. Begitu juga dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Disinyalir moncernya rupiah dan IHSG dipengaruhi perkenalan awal terhadap para calon menteri di pemerintahan Presiden Jokowi jilid II. 

Rupiah tercatat ditutup menguat di perdagangan Rp 14.073. Sementara, IHSG pun demikian. Pada pembukaan perdagangan, indeks saham acuan di Indonesia tersebut, menguat 0,26 persen ke level 6.207,89. 

Per akhir sesi satu, apresiasi IHSG adalah sebesar 0,12 persen ke level 6.199,51 sebelum ditutup menguat 0,11 persen ke level 6.198,99. 

Baca juga : Nadiem Cs Dipanggil Ke Istana, Rupiah Dan IHSG Naik

Mengutip Bloom berg, mayoritas mata uang Asia menguat terhadap dolar AS. Rupiah memimpin penguatan terhadap dolar AS di ASEAN atau kedua di antara mata uang Asia, setelah won Korea yang melesat 0,8 persen terhadap dolar AS. Adapun peso Filipina menguat 0,47 persen, dolar Singapura 0,23 persen, ringgit Malaysia 0,11 persen, dong Vietnam 0,01 persen, dan riel Kamboja 0,33 persen. 

Kemudian yuan menguat 0,12 persen, ringgit India 0,03 persen, dolar Hong Kong 0,01 persen, dan dolar Taiwan 0,08 persen. Sementara baht Thailand dan kyat Myanmar masing-masing melemah 0,05 persen dan 0,03 persen, kemudian yen Jepang turun 0,11 persen. 

Analis Samuel Sekuritas Suria Dharma mengatakan, pasar menyambut baik pemanggilan sejumlah calon menteri ke Istana Negara. 

Menurutnya, pasar mengapresiasi lineup kabinet Jokowi periode kedua. Sejumlah nama papan atas sudah menyambangi Istana untuk berdialog dan diminta membantu Jokowi selama lima tahun ke depan. 

Baca juga : Mahfud MD: Jokowi Tahu Yang Pas Buat Saya

Beberapa di antaranya adalah Mahfud MD, Nadiem Makarim, Erick Thohir, Wishnutama, Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto. 

“Tentu posisinya harus tepat, karena familiar saja tidak cukup,” kata Suria di Jakarta kemarin. 

Suria menilai, kini pelaku pasar fokus pada susunan menteri dalam pemerintahan Jokowi selanjutnya. Jika itu memang dikehendaki pasar dan para pelaku investor, otomatis dampak positif akan terasa. 

Ekonom Indef Bhima Yudhistira menilai, saat ini ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan para investor asing dalam menentukan investasinya di Indonesia. 

Baca juga : Jelang Pelantikan, Jokowi Bikin Postingan di Twitter

“Tekanan global yang masih besar juga ikut berpenga ruh ke fluktuasi kurs rupiah,” ujarnya. 

Menurut Bhima, saat ini para investor asing lebih memilih menunggu momen Presiden Jokowi mengumumkan susunan kabinetnya, khususnya yang masuk dalam tim ekonomi. 
Para investor asing menilai nama yang akan masuk sebagai tim ekonomi Jokowi-Ma’ruf Amin lebih menentukan karena akan menjadi pembuka peluang investasi melalui kebijakan strategis dan teknis. 

“Diperkirakan investor, khususnya asing, masih akan ada aksi wait and see menunggu presiden umumkan kabinetnya,” jelasnya. 

Bhima menilai, Jokowi Effect tidak terlalu memiliki pengaruh besar lagi dalam menarik minat para investor asing pada era pemerintahan Jokowi pada yang kedua ini. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.