Dark/Light Mode

Resmikan Fasilitas Produksi Obat Bahan Alam

Menperin Genjot Pelaku Usaha Jamu Naik Kelas

Rabu, 7 Februari 2024 06:40 WIB
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto: Dok. Humas Kementerian Sosial
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto: Dok. Humas Kementerian Sosial

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membangun House of Wellness, yang merupakan fasilitas produksi Obat Bahan Alam (OBA) di Jakarta Timur, Selasa (6/2/2024). Pembangunan House of Wellness itu sekaligus untuk mewujudkan kemandirian industri obat-obatan di Tanah Air.

“House of Wellness yang dibangun Balai Besar Stan­dardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Kimia, Farmasi dan Kemasan merupakan peran aktif Kemenperin dalam upaya men­dukung kebijakan kemandirian OBAdi Indonesia,” kata Men­teri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita saat acara peresmian di Jakarta, Selasa (6/2/2024).

Menurut dia, dengan dibangun­nya fasilitas ini, bakal membantu masyarakat memperoleh obat dengan mudah (accessible), ter­jangkau (affordable), tersedia di manapun (available), serta berke­sinambungan (sustainable).

Selain itu, kata Agus, melalui House of Wellness, diharapkan industri farmasi di Tanah Air da­pat mencapai proses pembuatan OBAyang memiliki bahan baku berstandar, serta menjadi penun­jang pengusaha mikro seperti jamu naik kelas.

Baca juga : Atma Jaya Beri Fasilitas Coursera, Mudahkan Akses Pembelajaran Kelas Dunia

“Saya berharap fasilitas ini dimanfaatkan optimal, sehingga mampu mendorong kemandirian obat nasional melalui penumbuhan industri baru, peningkatan industri kecil agar naik kelas,” katanya.

Untuk diketahui, pada triwu­lan IV-2023 nilai ekspor untuk produk industri farmasi, produk obat kimia dan obat tradisional meningkat 8,78 persen dibanding periode yang sama tahun 2022. Nilai ekspornya sebesar 543,7 juta dolar AS atau setara Rp 8,4 triliun.

Indonesia sebagai negara yang memiliki beragam bahan obat tradisional yang berasal dari alam, memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi industri OBA atau obat tradisional yang lebih besar.

“Terlebih lagi, peluang tersebut didukung dengan penggunaan obat bahan alam. Khususnya jamu yang telah menjadi suatu bu­daya di Indonesia,” kata Agus.

Baca juga : Universitas Mercu Buana Gelar Pelatihan Tenaga Kerja Indonesia Di Malaysia

Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin Andi Rizaldi menyampaikan, fasili­tas di House of Wellness telah dilengkapi dengan peralatan dan sarana pendukung lengkap untuk proses pengolahan obat.

Fasilitasnya terdiri dari empat lantai dan telah dilengkapi alat pendukung berupa pengolahan simplisia (segar dan kering), yang menunjang proses sortasi, pencucian, penirisan, perajangan dan pengeringan.

Selain itu fasilitas ini juga bisa melakukan proses ekstraksi, evaporasi, formulasi bahkan sampai dengan pengemasan produk.

“Fasilitas produksi telah diin­stalasi mengikuti ketentuan yang terdapat pada Cara Pembuatan Obat Tradisional Yang Baik (CPOTB). Mesin-mesin yang digunakan juga telah disesuai­kan dengan mesin yang juga digunakan pada industri OBA,” ujar Andi. NOV

Baca juga : Jalan Ke Produsen Billiard, Alam Ganjar Temukan Prespektif Wirausaha Berbasis Kerakyatan

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 7 Februari 2024 dengan judul "Resmikan Fasilitas Produksi Obat Bahan Alam, Menperin Genjot Pelaku Usaha Jamu Naik Kelas"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.