Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wujudkan Lingkungan Bebas Polusi

PLN Dongkrak Pemakaian Kendaraan Berlistrik

Senin, 28 Oktober 2019 12:48 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) bersama Plt Dirut PT PLN Sripeni Inten Cahyani (kedua kanan) saat menerima piagam Rekor Muri di acara Karnaval Jakarta Langit Biru (27/9/2019). (Dok : Humas PLN)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) bersama Plt Dirut PT PLN Sripeni Inten Cahyani (kedua kanan) saat menerima piagam Rekor Muri di acara Karnaval Jakarta Langit Biru (27/9/2019). (Dok : Humas PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN mendukung penuh kegiatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Karnaval Jakarta Langit Biru, 27 Oktober 2019. Di acara tersebut, digelar Konvoi kendaraan listrik dari Patung Pemuda Senayan, Bundaran HI, dan kembali lagi ke Senayan.

Adanya konvoi kendaraan listrik ini dinilai mempunyai visi yang sama yaitu mengoptimalkan pemakaian energi listrik untuk mewujudkan lingkungan bebas polusi.

Semangat ini juga sesuai dengan peringatan Hari Listrik Nasional ke-74 yang diperingati tanggal 27 Oktober dan dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober.

"Tujuan dukungan kami yaitu PLN ingin bersama-sama Pemprov DKI Jakarta menggaungkan semangat menciptakan Jakarta yang lebih sehat tanpa polusi dengan lebih mengkampanyekan kendaraan listrik untuk operasional sehari-hari masyarakat," kata Sripeni Inten Cahyani, Plt. Direktur Utama PLN dalam keterangan pers di Jakarta, kemarin.

Dalam kegiatan Jakarta Langit Biru, dibutuhkan daya listrik sebesar 378.000 Volt Ampere (VA) yang semuanya dipasok menggunakan listrik PLN, tanpa genset. Untuk menambah keandalan pasokan, PLN menyiapkan 2 unit UPS dengan daya masing-masing 100.000 dan 300.000 VA.

Baca juga : Ramah Lingkungan, Kementan Terus Dorong Penggunaan Pestisida Nabati

"Kita kampanye anti polusi dengan kendaraan listrik, untuk acarapun digelar tanpa asap polusi," tambah Inten.

Gubernur Pemprov DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan bahwa program Jakarta Langit Biru adalah sebuah harapan mewujudkan kembalinya langit Jakarta menjadi biru, tanpa polusi.

Komitmen bersama semua elemen diharapkan Anies untuk bersama-sama membangun ekosistem kendaraan listrik menjadi lebih besar.

Pecahkan Rekor Muri

Rekor MURI dipecahkan dengan konvoi kendaraan listrik terbanyak. Oleh karena itu, PLN menyiapkan Stasiun Pengisisan Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk motor sebanyak 24 buah, dimana masing-masing SPKLU bisa untuk mengisi baterai 4 motor bersamaan.

Baca juga : Kendalikan Penyaluran Biosolar, Pertamina Terapkan Kartu Kendali

Selain itu, ada 1 buah SPKLU untuk mobil. SPKLU di acara tersebut bersifat temporer hanya untuk kebutuhan charging peserta karnaval.

"PLN menampilkan booth juga dimana pengunjung bisa datang menanyakan terkait SPKLU, program promo PLN terkait kendaraan listrik, maupun layanan lainnya. Akan ada tim pemasaran PLN yang siap membantu pengunjung," Inten menjelaskan.

Selain melalui keikutsertaan di karnaval, dukungan PLN untuk mewujudkan Jakarta Langit Biru yaitu mendukung pertumbuhan kendaraan listrik sebagai penggerak penyedian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

PLN sudah menyiapkan beberapa titik SPKLU untuk Mobil maupun motor di Jakarta.  Polusi di Jakarta tidak hanya disumbang dari kendaraan saja.

Salah satu sumber polusi di Jakarta yaitu penggunaan generator set untuk event maupun pembangunan gedung-gedung di Jakarta. 

Baca juga : Mentan Lakukan Gerakan Mekanisasi dan Pertanian Organik di Morowali

Andil PLN mengurangi polusi akibat genset untuk mewujudkan langit biru Jakarta yaitu menyiapkan listrik di luar ruang yang menggunakan alat disebut Power Bank PLN. 

Masyarakat cukup telepon ke Contact Center 123 atau datang ke kantor PLN terdekat untuk mendapatkan layanan listrik temporer di luar ruang dengan daya berapapun yang dibutuhkan. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.