Dark/Light Mode

Neraca Pembayaran RI Surplus Rp 134 T

Kamis, 22 Februari 2024 19:52 WIB
Bank Indonesia. (Foto: Ist)
Bank Indonesia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kinerja Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada triwulan IV-2023 membaik sehingga menopang ketahanan eksternal Indonesia. 

Baca juga : Naik 11 Persen, Pembiayaan Home Credit Tembus Rp 9,3 T

NPI pada triwulan IV-2023 mencatat surplus 8,6 miliar dolar AS atau Rp 134 triliun. Jumlah tersebut meningkat signifikan dibandingkan dengan kinerja triwulan sebelumnya yang mencatat defisit 1,5 miliar dolar AS atau Rp 23 triliun. “Surplus NPI tersebut ditopang oleh surplus transaksi modal dan finansial yang meningkat serta defisit transaksi berjalan yang tetap rendah,” ujar Asisten Gubernur Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, Kamis (22/2/2024).

Baca juga : Manfaat Hilirisasi Nyata, Neraca Perdagangan RI Surplus 43 Bulan Berturut-turut

Transaksi berjalan mencatat defisit rendah didukung oleh perbaikan permintaan dan harga komoditas global di tengah peningkatan ekonomi domestik. Transaksi berjalan mencatat defisit 1,3 miliar dolar AS (Rp 20 triliun) atau 0,4 persen dari PDB, sedikit meningkat dibandingkan dengan defisit 1,0 miliar dolar AS (Rp 15 triliun) atau 0,3 persen dari PDB pada triwulan sebelumnya. Kinerja transaksi berjalan yang terjaga tersebut bersumber dari surplus neraca perdagangan barang yang meningkat, didukung oleh kenaikan ekspor barang sejalan dengan perbaikan permintaan global dan harga komoditas. 

Baca juga : Mentan Apresiasi Presiden Tambah Anggaran Pupuk Subsidi 14 Triliun

Di sisi lain, kata dia, impor barang juga meningkat sejalan dengan naiknya kebutuhan masyarakat pada periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru. Selain itu, defisit neraca jasa dan neraca pendapatan primer juga tercatat lebih tinggi, sejalan dengan peningkatan aktivitas domestik dan pola pembayaran bunga pada periode laporan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.