Dark/Light Mode

Dukung Pertumbuhan Pariwisata

AP II dan Stakeholder Aviasi Gelar Pertemuan Bahas Peningkatan Penerbangan

Jumat, 1 Maret 2024 22:17 WIB
AP II menggelar pertemuan dengan stakeholder penerbangan, di Lampung. (Foto: Dok. AP II)
AP II menggelar pertemuan dengan stakeholder penerbangan, di Lampung. (Foto: Dok. AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (AP II), bagian dari InJourney dan pengelola 20 bandara di Indonesia, menggelar pertemuan dengan stakeholder penerbangan, di Lampung pada 27-28 Februari 2024.

Pertemuan bertajuk Allocations Slot Meeting yang digelar Unit Commercial Service Division AP II ini dihadiri maskapai nasional, Indonesia Airport Slot Management (IASM), Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Lampung, dan Bank Indonesia Provinsi Lampung. Acara tersebut dibuka perwakilan Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

VP of Corporate Communication AP II Cin Asmoro mengatakan, pertemuan ini sebagai upaya meningkatkan konektivitas penerbangan khususnya di bandara AP II. “Kolaborasi stakeholder ekosistem penerbangan sangat penting, dan sejalan dengan itu setiap awal tahun AP II menggelar pertemuan dengan para stakeholder untuk terus mempererat kolaborasi,” ujar Cin Asmoro.

Dia menuturkan, di dalam pertemuan, AP II, maskapai, dan para stakeholder memiliki pandangan yang sama dalam memperkuat konektivitas udara untuk mendukung pengembangan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi. Maskapai yang hadir di pertemuan tersebut adalah Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Super Air Jet, Wings Air, Pelita Air dan AirAsia Indonesia.

Baca juga : Bersama RSPO dan Instiper, Apical Gelar Kampanye Edukasi GreenFest

AP II memastikan, ketersediaan slot time (waktu untuk keberangkatan dan kedatangan penerbangan di bandara) yang dibutuhkan maskapai untuk mengoperasikan penerbangan. “Slot plan pada 2024 di 20 bandara AP II secara kumulatif mencapai 294.472 slot untuk sepanjang tahun. AP II bersama maskapai akan terus membahas mengenai optimalisasi slot time penerbangan ini,” ujar Cin Asmoro.

Dia memaparkan, pada tahun ini, AP II mencanangkan target jumlah pergerakan penumpang di 20 bandara pada 2024 secara kumulatif mencapai 91,08 juta penumpang atau meningkat 13 persen dibandingkan dengan realisasi 2023 sebanyak 80,25 juta penumpang. Target penumpang 2024 itu merefleksikan tingkat pemulihan (recovery rate) lebih dari 100 persen dari kondisi sebelum pandemi Covid-19 pada 2019 yakni sekitar 90,77 juta penumpang.

“Kami optimistis dapat mencapai target tersebut melalui kolaborasi dengan seluruh stakeholder guna memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang pesawat,” ujar Cin Asmoro.

Untuk jumlah penerbangan, pada tahun ini ditargetkan dapat mencapai sekitar 674.1600 pergerakan pesawat atau meningkat 12 persen dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 599.600 pergerakan pesawat.

Potensi

Baca juga : Rayakan Pendirian Pabrik ke 10 Tahun, Sharp Indonesia Gelar Pesta Rakyat

Sejak awal 2024, bandara-bandara AP II telah membuka berbagai rute penerbangan baru, mengaktifkan kembali rute penerbangan yang sempat ditutup karena dampak pandemi, dan menambah frekwensi penerbangan di rute eksisting. Seluruh bandara AP II memiliki potensi pengembangan rute penerbangan, seperti halnya di Bandara Radin Inten II (Lampung).

EGM Bandara Radin Inten II Untung Basuki mengatakan, Lampung memiliki daya tarik wisata bagi wisatawan. Berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, sektor pariwisata di Lampung menempati urutan ke-3 tertinggi pergerakan wisatawan nusantara di Sumatera pada periode Januari-September 2023 yaitu sebesar 10,26 juta wisatawan.

"Bandara Radin Inten II berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan pariwisata di Lampung. Kami telah beberapa kali melakukan pertemuan dengan maskapai untuk reaktivasi rute lama yg pernah beroperasi sebelum pandemi maupun pembukaan rute baru dari dan ke Bandara Radin Inten II Lampung. Menyusul pembukaan rute baru ke Denpasar oleh AirAsia dan ke Yogyakarta oleh Lion Air pada Januari 2024, dalam waktu dekat akan ada 1 maskapai baru yang beroperasi di Bandara Radin Inten II," ujar Untung Basuki.

Bandara Radin Inten II didukung fasilitas landas pacu dengan ukuran 2.770 x 45 meter yang dapat mendukung operasional pesawat berbadan sedang (narrow body) seperti Boeing 737 dan Airbus 320 serta Apron yg dapat menampung hingga 12 Parking Stand pesawat.

Baca juga : Prabowo dan Wakil PM Australia Bahas Perjanjian Kerja Sama Pertahanan

Pada acara Allocations Slot Meeting di Lampung ini, turut hadir juga EGM Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru) Radityo Ari Purwoko. “Pertemuan AP II dengan maskapai nasional ini menjadi momentum dalam bersama-sama untuk meningkatkan kontribusi Bandara Sultan Syarif Kasim II terhadap pariwisata dan perekonomian di Pekanbaru,” ujar Radityo Ari Purwoko.

Di tempat yang sama, EGM Bandara Sultan Thaha (Jambi) Siswanto menuturkan, lalu lintas penerbangan di Jambi diproyeksikan semakin meningkat pada tahun ini. “Pariwisata di Jambi semakin bergeliat, dan Bandara Sultan Thaha sebagai pintu masuk wisatawan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan dan seluruh masyarakat Jambi,” ujar Siswanto.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.