Dark/Light Mode

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, RDG BI Pertahankan BI-Rate Di Angka 6,00 Persen

Rabu, 17 Januari 2024 17:19 WIB
Gubernur Bank Indonesia BI Perry Warjiyo (ketiga kiri) saat Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang digelar 16-17 Januari 2024. (Foto: Dok. Bank Indonesia)
Gubernur Bank Indonesia BI Perry Warjiyo (ketiga kiri) saat Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang digelar 16-17 Januari 2024. (Foto: Dok. Bank Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 16-17 Januari 2024 memutuskan untuk mempertahankan BI-Rate sebesar 6,00 persen, suku bunga Deposit Facility sebesar 5,25 persen, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75 persen.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, keputusan mempertahankan BI-Rate pada level 6,00 persen ini tetap konsisten dengan fokus kebijakan moneter yang pro-stability, yaitu untuk penguatan stabilisasi nilai tukar Rupiah serta langkah pre-emptive dan forward looking untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam sasaran 2,5±1 persen pada 2024.

Baca juga : Banggar DPR Wanti-Wanti Pemerintah Rancang APBN 2024

"Sementara itu, kebijakan makroprudensial dan sistem pembayaran tetap pro-growth untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," ujar Perry dalam keterangan resmi BI, Rabu (17/1/2024).

Lebih lanjut Perry menjelaskan, kebijakan makroprudensial longgar terus ditempuh untuk mendorong kredit/pembiayaan perbankan kepada dunia usaha dan rumah tangga.

Baca juga : Prabowo Diundang Perayaan Natal BUMN, Yaqut: Sistem Pertahanan Bersifat Semesta Antar Umat Beragama

Akselerasi digitalisasi sistem pembayaran, termasuk digitalisasi transaksi keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah juga terus didorong untuk meningkatkan volume transaksi dan memperluas inklusi ekonomi-keuangan digital.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.