Dark/Light Mode

Apresiasi Peran Penting Arsiparis, AAI Awards Kembali Digelar

Jumat, 1 Maret 2024 22:20 WIB
Ketua Umum Pengurus Nasional-Asosiasi Arsiparis Indonesia (PN-AAI) Andi Kasman. (Foto: Ist)
Ketua Umum Pengurus Nasional-Asosiasi Arsiparis Indonesia (PN-AAI) Andi Kasman. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aktivitas untuk mengarsipkan dokumen kegiatan menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah lembaga, organisasi, atau perusahaan. Oleh karenanya, diperlukan petugas arsiparis untuk mengelola dokumen yang akan dibutuhkan dan berguna ke depannya sebagai informasi yang vital.

Arsip merupakan sumber informasi yang otoritatif dalam mendukung kegiatan administrasi yang akuntabel dan transparan. Maka itu, arsip harus dikelola dengan baik dan benar sehingga bisa melestarikan nilai guna dan pemanfaatannya,” kata Ketua Umum Pengurus Nasional-Asosiasi Arsiparis Indonesia (PN-AAI) Andi Kasman di Jakarta, Jumat (1/3/2024).

Merujuk Deklarasi Universal Kearsipan, yang disahkan dalam Sidang Umum UNESCO Ke-36 di Paris pada November 2011, kearsipan memainkan peran penting dalam pengembangan masyarakat dengan cara menjaga dan membantu memori individu dan kolektif. Keterbukaan akses arsip juga memperkaya pengetahuan, mendorong demokrasi, melindungi hak warga negara, dan meningkatkan kualitas hidup.

Baca juga : SWA Dan Peking University Kembali Gelar Program Pertukaran Pelajar

Andi mengemukakan, sebagian besar masyarakat, apabila mendengar istilah arsip akan timbul bayangan tumpukan kertas, penuh debu, ruangan kotor, dan berserakan. “Sehingga seringkali dipandang sebelah mata tugas seorang arsiparis. Nah, kami ingin menghilangkan stigma tersebut, dengan menjadikan arsip ini pekerjaan yang sangat penting, sehingga petugasnya juga punya peran prioritas,” ujarnya.

Guna memberikan apresiasi kepada petugas arsiparis, PN-AAI menggelar kegiatan AAI Awards 2024. AAI Awards 2024 merupakan ajang kontestasi kompetensi arsiparis Indonesia melalui lomba poster infografis tematik bagi arsiparis dan mahasiswa kearsipan termasuk rekam medis, serta lomba kinerja program kerja terbaik organisasi bagi Pengurus Wilayah (PW) AAI atau Forum Arsiparis Kementerian/Lembaga (K/L) kategori kolaborasi, inovasi, keberlanjutan dan kepedulian sosial organisasi bagi para pemangku kepentingannya.

“Kegiatan award ini juga mempertinggi mutu SDM bidang kearsipan sehingga tercipta tenaga kearsipan yang andal dan mandiri, serta mempertinggi mutu penyelenggaraan dan pemanfaatan arsip,” tutur Andi. 

Baca juga : Pameran Konten Olahraga Terbesar di Dunia Kembali Digelar di Indonesia

AAI Awards 2024 menjadi wadah arsiparis Indonesia guna menunjukkan talenta terbaiknya dalam olah cipta, rasa, karsa dan karya sebagai wujud pengabdian kepada bangsa dan negara, sesuai dengan tagline AAI Awards 2024: “Lomba Cipta, Rasa, Karsa dan Karya Terbaik Arsiparis”.

Adapun tema lomba poster infografis untuk kategori arsiparis (anggota AAI) terdapat tiga pilihan, yaitu Pengembangan Profesi Arsiparis, Manajamen Arsip Digital, dan Manajemen Risiko Arsip. Khusus kategori mahasiswa ada dua tema pilihan, yaitu Serba-Serbi Pendidikan Vokasi Kearsipan, dan Perspektif Milenial Terhadap Arsip.

Untuk lomba kinerja program kerja terbaik organisasi PW-AAI atau Forum Arsiparis K/L mencakup empat kategori penilaian, yaitu Kolaborasi, Inovasi, Keberlanjutan, dan Kepedulian Sosial. Dewan Juri AAI Awards 2024 terdiri dari para ahli dan praktisi sesuai bidangnya.

Baca juga : Viral! TPS Serba Pink Bertema Valentine Di Bali, 100 Pemilih Awal Dapat Cokelat

“Kepada juara dan para finalis lomba poster infografis diberikan uang apresiasi dan piagam. Sedangkan bagi juara dan finalis lomba kinerja terbaik organisasi diberikan piala/trofi dan piagam. Bagi juara lomba poster infografis diberi peluang untuk mengikuti ajang internasional Poster Award rangkaian kegiatan Kongres International Council on Archives (ICA) tahun 2025 di Barcelona, Spanyol,” papar Andi.

Informasi lebih lanjut tentang persyaratan dan ketentuan lomba akan disampaikan melalui media sosial Asosiasi Arsiparis Indonesia dan surat pemberitahuan kepada seluruh organisasi PW-AAI/Forum Arsiparis K/L dan program studi kearsipan dan rekam medis se-Indonesia.

“Semoga penyelenggaraan kegiatan AAI Awards 2004 yang keempat ini dapat terlaksana dengan sukses dan bermanfaat sesuai tujuannya dalam mempertinggi mutu profesi arsiparis,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.