Dark/Light Mode

SWA Dan Peking University Kembali Gelar Program Pertukaran Pelajar

Senin, 19 Februari 2024 09:57 WIB
Program pertukaran pelajar Sinarmas World Academy (SWA). (Foto: Ist)
Program pertukaran pelajar Sinarmas World Academy (SWA). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sinarmas World Academy (SWA) sekali lagi menggelar kegiatan Student Exchange Programme secara offline, bertujuan untuk menguatkan kemitraan yang telah terbina dengan baik antara SWA dan Peking University (PKU).

Kemitraan eksklusif antara Sinarmas World Academy dan Peking University meliputi pengembangan Kurikulum Bahasa Mandarin dari tingkat taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas. Selain pengembangan kurikulum, kemitraan ini juga melibatkan rekrutmen guru, pertukaran pelajar, dan dukungan penuh dari Peking University bagi siswa berprestasi SWA yang bercita-cita melanjutkan pendidikan di universitas tersebut.

Baca juga : Monash University Indonesia Buka Program Magister Untuk Penerima Beasiswa LPDP

Program pertukaran pelajar ini telah dimulai sejak tahun 2018, namun terhenti sementara karena dampak pandemi. Tahun 2024 menandai kembalinya program ini dengan kedatangan siswa dan guru dari Peking University Middle School ke kampus Sinarmas World Academy di BSD, Tangerang. "Kolaborasi dan interaksi dalam pertukaran pelajar ini diharapkan memberikan pengalaman berharga bagi murid dan guru, tidak hanya dalam bidang ilmu pengetahuan tetapi juga dalam memahami budaya dan keindahan Indonesia," ujar Anton Mailoa, Board Chairman dari Sinarmas World Academy.

Tahun ini, SWA telah merancang program pertukaran pelajar dengan lebih beragam. Para murid PKU Middle School diajak untuk menjelajahi sumber daya alam dan kebudayaan di Pekanbaru, Perawang, dan Bogor. Kolaborasi dengan PT. Indah Kiat Pulp and Paper di Pekanbaru memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengamati proses produksi kertas secara langsung dan berpartisipasi dalam eksperimen laboratorium bioteknologi, mereka belajar tentang ekstraksi DNA dan mengamati keanekaragaman serangga tropis di hutan.

Baca juga : Gerakan Perempuan Indonesia Maju Gelar Larung Angkoro, Doa Kesehatan Prabowo-Gibran

Program ini tidak hanya memberikan manfaat bagi siswa PKU Middle School, tetapi juga bagi siswa dan guru SWA dengan membuka mata mereka terhadap berbagai disiplin ilmu, teknologi, dan budaya yang berbeda.

Dengan adanya kegiatan pertukaran pelajar seperti ini, diharapkan kemampuan akademis, pembentukan karakter, pemahaman lintas budaya, dan wawasan internasional siswa terus meningkat. Kegiatan positif seperti ini akan berlanjut setiap tahunnya dan menjadi wadah yang positif dalam menciptakan komunitas pembelajar yang dinamis di kawasan Asia dan global. 

Baca juga : Hasil Liga Inggris: Liverpool Kembali Ke Puncak

Melalui pertukaran pelajar yang menyeluruh ini, SWA dan PKU berharap dapat menciptakan kerjasama yang lebih luas dan mendalam antara siswa, guru, dan lembaga pendidikan, serta memperkaya pengalaman belajar mereka dan mendorong terciptanya pemimpin masa depan yang berdaya saing tinggi.

Tidak hanya menjalin kemitraan dengan Peking University, Sinarmas World Academy juga menjalin kerja sama dan persahabatan dengan berbagai institusi lainnya di berbagai negara seperti Singapura, Jepang, Korea, Australia, dan Austria. Hal ini menunjukkan komitmen SWA untuk terus berkolaborasi secara global dalam mendukung perkembangan pendidikan yang holistik dan berorientasi pada masa depan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.