Dark/Light Mode

PHE OSES Serah Terima Bantuan Mesin Duplikator Lure di Pulau Seribu

Selasa, 5 Maret 2024 20:42 WIB
Pertamina Hulu Energi OSES bersama perwakilan masyarakat Pulau Kelapa Dua, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, melakukan acara serah terima bantuan mesin duplikator lure. (Foto: Istimewa)
Pertamina Hulu Energi OSES bersama perwakilan masyarakat Pulau Kelapa Dua, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, melakukan acara serah terima bantuan mesin duplikator lure. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatera (PHE OSES) bersama perwakilan masyarakat Pulau Kelapa Dua, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, melakukan acara serah terima bantuan mesin duplikator lure.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari program pemberdayaan masyarakat PHE OSES yang merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero) ini di wilayah Kepulauan Seribu yang menyasar ke nelayan. Lure digunakan sebagai alat pancing cumi oleh nelayan di Pulau Kelapa Dua.

Untuk menghemat waktu pembuatannya, PHE OSES memberikan alat duplikator yang berfungsi untuk membuat Lure lebih banyak dalam waktu yang cukup singkat.

Baca juga : PLN Sukses Sambungkan Listrik Dari Pulau Sumbawa Ke Bajo

Selain sebagai alat pancing, Lure dijadikan hiasan berupa gantungan kunci atau tempelan magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Kelapa Dua.

Head of Communication, Relation & CID PHE OSES Indra Darmawan mengatakan, operator migas yang berlokasi di wilayah perairan Kepulauan Seribu ini akan terus bekerjasama dengan Sudin KPKP untuk program yang berhubungan dengan nelayan.

Perusahaan katanya, memiliki program antara lain Nelayan Tangguh dan Palu Gada yang menyasar nelayan, baik nelayan tangkap maupun nelayan budidaya di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Baca juga : Piala Liga, Si Merah Perpanjang Rekor Juara

“Sinergitas yang dibangun PHE OSES dengan Sudin KPKP ini merupakan komitmen bersama untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat nelayan melalui program-program yang dijalankan,” ungkapnya, Selasa (5/3/2024).

Selain itu, upaya tersebut sekaligus mendukung Pemerintah dalam pencapaian SDG’s yaitu poin 1 pengentasan kemiskinan, poin 8 pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta poin 14 terkait ekosistem laut.

Sementara itu, Plt Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu Rita Sri Lestari menyampaikan, alat duplikator ini diharapkan memberikan manfaat lebih bagi para nelayan.

Baca juga : Meningkat Dari Wirid Ke Warid

“Selain sebagai alat tangkap, diharapkan pembuatan Lure ini dapat meningkatkan ekonomi nelayan dari sisi pariwisata dengan penjualan Lure sebagai cenderamata khas Kepulauan Seribu,” katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.