Dark/Light Mode

Piala Liga, Si Merah Perpanjang Rekor Juara

Selasa, 27 Februari 2024 06:40 WIB
Pelatih Liverpool Jurgen Kloop merayakan gelar Carabao Cup 2023-2024 bersama para pemainnya usai mengalahkan Chelsea pada laga final di Wembley Stadium, Minggu (25/2/2024) malam. (Foto: X/Liverpool)
Pelatih Liverpool Jurgen Kloop merayakan gelar Carabao Cup 2023-2024 bersama para pemainnya usai mengalahkan Chelsea pada laga final di Wembley Stadium, Minggu (25/2/2024) malam. (Foto: X/Liverpool)

RM.id  Rakyat Merdeka - Liverpool sukses memperpanjang rekor sebagai tim yang meraih trofi Piala Liga terbanyak dengan torehan 10 kali juara. Gelar itu diraih The Reds setelah menumbangkan Chelsea 1-0 di partai final di Stadion Wembley, dini hari kemarin.

The Reds membawa pulang piala dengan cara yang istime­wa yakni banyak menurunkan pemain muda lantaran cedera yang dialami Mohamed Salah, Darwin Nunez, Trent Alexander, Dominik Szoboszlai, Diogo Jota, hingga Thiago Alcantara.

Kendati demikian, tim asu­han Juergen Klopp ini bisa membawa pulang piala dengan menghindari babak adu penalti seperti pertandingan serupa saat mereka menang adu penalti pada final Piala Liga 2020 kontra Chelsea.

Baca juga : Laga Basket NBA, Pacers Hentikan Mavericks

Satu piala domestik ini juga memastikan klub asal Merseyside itu setidaknya bisa memberikan kado perpisahan untuk Klopp yang menyatakan mundur dari kursi pelatih pada akhir musim ini.

Pelatih asal Jerman itu telah mempersembahkan delapan pia­la untuk Liverpool meliputi Liga Champions (2018/19), UEFA Super Cup (2019), FIFA Club World Cup (2019), Liga Inggris (2019/20), Piala FA(2021/22), Community Shield (2022) serta Piala Liga (2022 dan 2024).

Mereka juga menembus par­tai final meski tak juara antara lain Liga Champions (2018 dan 2022), Piala Liga dan Liga Europa final (keduanya pada 2016), dan dua kali finis pering­kat kedua Liga Inggris. Musim ini, Liverpool masih berpeluang membawa tiga piala lainnya, yakni Liga Inggris, Liga Europa dan Piala FA.

Baca juga : Proyek Dipecah Empat,Telan Biaya Rp 121 Miliar

Untuk Piala Liga Inggris, Liverpool yang mengumpulkan 10 piala dari 14 laga final berhasil merecoki dominasi Manchester City yang memenangi empat final secara beruntun pada 2018 hingga 2021. Liverpool pernah memegang rekor empat kali juara beruntun pada periode 1980-1983.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp menyanjung sukses Liverpool menjuarai Piala Liga setelah mengalahkan Chelsea dalam final sebagai trofi “paling istimewa” dalam kariernya karena kesuksesan itu dicapai bersama pemain-pemain mu­danya.

Virgil van Dijk memastikan kemenangan 1-0 Liverpool dengan sundulan dramatis dua menit menjelang akhir babak perpanjangan waktu dalam laga yang berlangsung di Wembley, Minggu (25/2) malam waktu setempat.

Baca juga : Panasnya Hak Angket Nggak Bikin Demam

“Dalam lebih dari 20 tahun, ini adalah trofi paling istime­wa yang pernah saya menang­kan. Benar-benar hebat,” kata Klopp.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.