Dark/Light Mode

Reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan Didukung Seluruh Pemda Sekitar

Rabu, 6 Maret 2024 13:30 WIB
Audiensi Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dan Pemda sekitar Bandara Gatot Subroto Way Kanan dengan Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Kemenhub)
Audiensi Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dan Pemda sekitar Bandara Gatot Subroto Way Kanan dengan Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengatakan, seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) sekitar siap mendukung percepatan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan. Di antaranya Pemkab Way Kanan, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, OKU, OKU Selatan dan Lampung Barat.

Hal ini disampaikan Fatoni saat beraudensi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membahas reaktifasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan, di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Selasa (5/3).

“Kami sampaikan semua, kami hadirkan seluruh bupati yang ada di situ, ada Kabupaten Way Kanan, OKU Timur, OKU, OKU Selatan, dan Lampung Barat. Pemda siap mendukung ini,” ucap Fatoni, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (6/3).

Baca juga : Diawasi Masyarakat, Sirekap KPU Tingkatkan Akuntabilitas Penyelenggaraan Pemilu

Menurut Fatoni, dari sisi anggaran, Pemda-pemda itu sudah siap. Hubungan perusahaan-perusahaan pendukung juga sudah siap.

"Bandara sudah siap, hanya perlu pembenahan sebentar. Sedikit lagi sudah lebih siap lagi,” sambungnya.

Menurut Fatoni, bukan hanya satu daerah saja yang nanti menerima manfaat dari reaktifasi Bandara Gatot Subroto. Melainkan akan ada enam Kabupaten sekaligus. Salah satu faktornya adalah lokasi Bandara Gatot Subroto berada di perbatasan antara Sumatera Selatan dan Lampung.

Baca juga : Ketum Baru GP Ansor Siap Dukung Pemilu Damai

“Yang menerima manfaat hadirnya bandara ini cukup ada 6 kabupaten dan kebetulan posisinya ini ada di perbatasan Sumsel dan Lampung. Yang terdekat itu di Kabupaten OKU Timur, ibu kotanya Martapura. Kemudian Way Kanan, Batu Raja, Muara Dua, kemudian Lampung Barat,” jelas Fatoni.

Dia berharap, pembenahan Bandara Gatot Subroto bisa segera selesai. Sehingga dalam waktu dekat dioperasikan oleh masyarakat Sumsel dan Lampung.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya mengaku sudah menyiapkan anggaran khusus guna percepatan reaktivasi Bandara Gatot Subroto. “Kami ready anggarannya. Kami prinsipnya siap,” kata Adipati.

Baca juga : Terima Pimpinan Bank Muamalat, Bamsoet Dorong Pengembangan Keuangan Digital

Kemudian, Bupati OKU Timur Lanosin sangat berharap pengaktifan kemballi Bandara Gatot Subroto Way Kanan. Hal ini dikarenakan Kabupaten OKU Timur nantinya akan mendapatkan keuntungan dari seluruh penerbangan di sana.

“OKU Timur dapat berkah dari semua penerbangan yang ada. Saya mohon izin untuk segera dioperasikan,” ucapnya.

Sementara, Pemerintah Kota Baturaja berharap Kementerian Perhubungan untuk dapat menghibahkan shuttle menuju Bandara Gatot Subroto Way Kanan jika sudah beroperasi kembali. Senada dengan hal tersebut, Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo mengaku berkomitmen dan mendukung semaksimal mungkin dikarenakan demi kebutuhan masyarakat luas juga mempromosikan wisata di daerah tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.