Dark/Light Mode

BI Dan Bank Sentral India Kerja Sama Penggunaan Mata Uang Lokal

Kamis, 7 Maret 2024 21:35 WIB
Penandatangan nota kesepahaman antara Bank Indonesia (BI) dengan Reserve Bank of India (RBI) dalam penggunaan mata uang lokal. (Foto: BI)
Penandatangan nota kesepahaman antara Bank Indonesia (BI) dengan Reserve Bank of India (RBI) dalam penggunaan mata uang lokal. (Foto: BI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Reserve Bank of India (RBI) dan Bank Indonesia (BI) menandatangani Nota Kesepahaman (NK) pembentukan kerangka kerja sama penggunaan mata uang lokal masing-masing negara dalam transaksi bilateral, yaitu mata uang Rupee dan Rupiah. 

Penendatangan kerja sama Bank of India dan Bank Indonesia dilakukan pada Rabu (7/3/2024) di Mumbai dalam rangka

Baca juga : Sesko TNI Kerja Sama Dengan Unhan, Sinergikan Prodi Strategi Perang

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Gubernur Reserve Bank of India, Shaktikanta Das dan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. Kerangka kerja sama ini salah satunya memungkinkan eksportir dan importir untuk bertransaksi dalam mata uang lokal, yang pada gilirannya akan mendorong pengembangan pasar valuta asing kedua negara. 

Lebih lanjut, penggunaan mata uang lokal akan mengurangi biaya transaksi dan meningkatkan efisiensi waktu penyelesaian transaksi. 

Baca juga : KALMED Manufaktur Indonesia Raih Penghargaan Industri Alat Kesehatan Terbaik

“Kolaborasi tersebut menandai capaian penting dalam memperkuat kerja sama keuangan bilateral antara Bank Indonesia dan Reserve Bank of India.” ujar Asisten Gubernur Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono.

Melalui penggunaan mata uang lokal masing-masing negara yang lebih luas untuk transaksi bilateral diharapkan akan berkontribusi dalam mempromosikan perdagangan antara Indonesia dan India. Kemudian memperdalam integrasi keuangan, serta memperkuat hubungan sejarah, budaya dan ekonomi yang telah terjalin selama ini antara kedua negara. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.