Dark/Light Mode

Kementan-TNI Jalin Kerja Sama

Program Pertanian Jadi Tepat Sasaran

Senin, 4 Maret 2024 07:10 WIB
KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. (Foto: Antara)
KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan mengapresiasi kerja sama Kementerian Pertanian (Kementan) dan TNI Angkatan Darat (AD) dalam mengawal program-program pertanian. Kolaborasi ini menunjukkan bahwa negara benar-benar hadir di tengah-tengah masyarakat.

Anggota Komisi I DPR Slamet Ariyadi mengatakan, menjadi suatu kebanggaan bahwa TNI bukan hanya menjadi benteng negara tetapi juga menjadi benteng perekonomian, khusus­nya di sektor pertanian. Kerja sama ini merupakan sebuah hal yang positif dan lebih penting bermanfaat bagi petani.

“Mudah-mudahan kerja sama ini bisa betul betul terarah dan bermanfaat. Tentunya dengan dikawal TNI, Insya Allah pro­gram-program pertanian yang dicanangkan Menteri Pertanian (Andi Amran Sulaiman) bisa betul-betul tepat sasaran dan mengurangi kegelisahan petani,” tambahnya

Baca juga : BTN Kian Modern Dan Adaptif Di Era Digital

Terpisah, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mendukung penuh upaya Kementan dalam meningkatkan produktivitas padi melalui sistem pompanisasi dan pipanisasi yang dilakukan di seluruh Indonesia.

Menurut Maruli, sistem pom­pa dan pipa terbukti mampu memenuhi kebutuhan air yang bisa membantu petani dalam berproduksi. Sejauh ini, program tersebut sudah berjalan dengan pelibatan TNI di area-area per­sawahan Indonesia.

“Selama ini sudah berjalan baik dengan pelibatan TNI di lahan-lahan pertanian yang ada.Nah sekarang kita bersyukur mendapat support dari Kementan sehinggakami bisa membantu lebih ban­yak pertanian masyarakat,” ujar Maruli usai memimpin Rapim TNI AD di Balai Kartini, Kamis (29/2/2024).

Baca juga : Airlangga Bidik Pasar Ekspor Amerika Latin

Maruli mengatakan, penger­jaan sistem air akan melibatkan lebih banyak pihak lain sepertidari PLN untuk penggunaan tenaga listrik. TNI dan petani terus memperkuat sinergitasnya terutama dalam memperkuat program kementan yang berkaitan dengan ketahanan pangan nasional.

“Kebetulan kami sudah banyak mengerjakan air (pompanisasi), jadi nanti ada juga yang menggunakan bahan bakar minyak dan mungkin kita akan coba dari PLN tenaga mata solar cell, semua akan segera kita realisasikan,”katanya.

“Yang terpenting, sekarang kita mendapat dukungan dari Menteri Pertanian agar lebih efektif lagi dalam pengerjaannya,” tambahnya.

Baca juga : Banyak Pelajar Takut Laporin Kasus Bullying

Di tempat yang sama, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengajak jajaran TNI AD untuk memperkuat sektor pertanian melalui pompanisasi dan pipanisasi di lahan-lahan sentra pulau jawa yang mencapai kurang lebih 500 ribu hektare.

Dengan cara ini, kata Amran, Indonesia bisa mewujudkan swasembada hingga menjadi lum­bung pangan dunia. Keterlibatan TNI sangat penting terutama dalam mengawal jalanya ber­bagai pembangunan pertanian nasional.

“Kami ingin uluran tangan Bapak-bapak TNI di saat kondisi bangsa menghadapi perubahan iklim dan El Nino Gorilla. Inilah saatnya negara memanggil kita untuk memperkuat kerja sama,” jelasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 4/3/2024 dengan judul Kementan-TNI Jalin Kerja Sama, Program Pertanian Jadi Tepat Sasaran       

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.