Dark/Light Mode

Optimal Layani UMKM, PosIND Kian Mantap Di Sektor Logistik

Jumat, 22 Maret 2024 13:23 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - PosIND kini makin menguasai sektor logistik. Keunggulan pada bidang Courier, Express, and Parcel (CEP) berkat fokusnya pada segmen bisnis UMKM yang berjualan melalui online.

PosIND berhasil membantu memberi fasilitas layanan jasa pengiriman bagi pelaku UMKM.

Baik yang berjualan online via e-commerce, sociocommerces, live commerces, maupun offline. Kunci dari persaingan industri logistik adalah kualitas layanan.

Di salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Service Level Agreement (SLA), PosIND menjadi yang tertinggi dalam beberapa bulan terakhir dengan angka 96-98 persen.

Sedangkan pesaing Pos Indonesia hanya berada di angka 90-95 persen. Bahkan, ada yang di bawah 90 persen.

Baca juga : BTN Kian Modern Dan Adaptif Di Era Digital

Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Tonggo Marbun menyampaikan, dalam menghadapi persaingan, pihaknya fokus pada pasar UMKM.

“Salah satunya adalah dengan menyiapkan studio live streaming yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM dalam menawarkan produknya melalui media sosial secara live,” ujarnya dalam keterangan pers, di Jakarta, Kamis (21/3/2024).

PosIND juga menjalin kerja sama yang intensif dengan para pelaku UMKM, serta menjadikan mereka sebagai mitra drop point guna mempermudah pelaku UMKM yang membutuhkan jasa pengiriman paket atau produk mereka.

“Dalam hal ini pula PosIND memperkuat jaringan Sales Team (O-Ranger Mobile dan O-ranger Mawar) yang akan memastikan proses pick-up juga memberikan konsultasi kepada pelaku UMKM dalam melakukan pengiriman paket baik domestik maupun internasional,” tambahnya.

Selain itu, PosIND juga memperkuat kerja sama dengan mitra Agen Pos yang siap membantu pelaku UMKM sampai ke kantung-kantung masyarakat.

Baca juga : Optimalkan Layanan Jasa, Pos Indonesia Gandeng PT Indonesia Comnets PlusĀ 

Sehingga mereka akan merasa bahwa PosIND dekat dan selalu siap untuk mereka. Hal tersebut yang membuat PosIND unggul di industri logistik.

Terlebih, saat memasuki bulan suci Ramadan dan menjelang Idul Fitri nanti.

Tonggo, mengatakan PosIND akan memastikan kesiapannya, terutama dari aspek keuntungan di momen Ramadan ini.

Seperti, waktu operasional yang terus berjalan di masa libur lebaran, pengadaan promo-promo Ramadan dan lebaran, serta bekerja sama dengan pelaku UMKM.

“Dari kesiapan ini tentunya ini juga peluang bagi kami untuk menambah volume bisnis kami, jadi dengan beberapa program, misalnya program discount kemudian beberapa program yang esensinya jemput bola ke pusat belanja atau ke UMKM, jadi promo-promo lebaran, promo pengiriman kami manfaatkan di samping operasi kami.” ujar Tonggo.

Baca juga : Salurkan Bansos Ke Pelosok, Pos Indonesia Manfaatkan Teknologi PGC

PosIND juga telah meluncurkan beberapa inovasi pelayanan baru. Seperti, inovasi Contact Center Oranger yang memudahkan pelaku UMKM dan masyarakat dengan memberikan layanan pick-up paket gratis.

Kemudian ada pula Pospay Agen atau Pospay Kios, aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk melakukan pembayaran tagihan PLN, PDAM, PBB, dan lainnya secara daring.

“Selain itu Pospay Agen atau Pospay Kios juga menyediakan layanan Wesel Instan Bayar dan Layanan Kurir (layanan pengiriman surat dan paket) oleh Agenpos,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.