Dark/Light Mode

Di ISBF 2024, Airlangga Cs Yakinkan Usahawan Singapura Bisnis Di Indonesia

Kamis, 28 Maret 2024 07:41 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Indonesia-Singapore Business Forum 2024, Rabu (27/3). Foto: Kemenko Bidang Perekonomian
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Indonesia-Singapore Business Forum 2024, Rabu (27/3). Foto: Kemenko Bidang Perekonomian

RM.id  Rakyat Merdeka - Forum Bisnis Indonesia-Singapura (ISBF) mempertemukan para pemimpin bisnis Singapura dengan para menteri dan pejabat tinggi Indonesia di Hotel Hilton Orchard, Singapura, Rabu (27/03).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa forum bertema "Beyond the Ballot: Shaping the Future of Business and Investment in Indonesia" ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan pasar dan memberi kabar terbaru kepada pemerintah, pelaku bisnis, dan investor Singapura mengenai arah kebijakan Indonesia pasca pemilihan umum (pemilu) 2024.

“Indonesia dan Singapura memiliki hubungan kemitraan ekonomi yang sangat baik dengan sejarah hubungan yang panjang di hampir semua sektor, yaitu ekonomi, keamanan, budaya, pendidikan, pariwisata, dan yang terpenting, konektivitas antar manusia dan konektivitas bisnis ke bisnis," kata Menko Airlangga.

Ia melanjutkan, setelah Indonesia berhasil mencapai pemulihan ekonomi dari pandemi, negeri yang kini dinahkodai oleh presiden Jokowi itu melangkah maju menjadi negara maju dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata 6-7 persen per tahun.

Baca juga : Menko Airlangga Sarankan Pebisnis Lirik Investasi Industri Padat Karya

Selain itu, investasi di Indonesia ditargetkan rata-rata tumbuh mencapai 6,8 persen per tahun untuk 20 tahun ke depan. Hal ini, menurut Airlangga merupakan bagian dari tujuan Visi Emas Indonesia 2045.

Penetapan hasil resmi Pemilu 2024, kata Airlangga juga akan mendorong terjaminnya keberlanjutan agenda pembangunan yang sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045. 

“Penyelenggaraan ISBF 2024 merupakan saat yang tepat untuk meyakinkan pebisnis dan investor Singapura tentang komitmen Indonesia untuk mempercepat pembangunan ekonomi dengan memastikan keberlangsungan reformasi struktural, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan daya saing,” lanjutnya.

Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo yang turut hadir dalam acara itu menyatakan keyakinannya bahwa forum tersebut akan berfungsi sebagai katalis untuk memperkuat dan memperdalam kerja sama ekonomi bilateral kedua negara di bawah kepemimpinan yang baru.

Baca juga : Sukses di Pemilu 2024, Airlangga Sangat Pantas Kembali Pimpin GolkarĀ 

"Dengan berbagai kemajuan dalam hubungan bilateral dengan Singapura yang merupakan investor tradisional terbesar, pendukung besar, dan mitra terhormat Indonesia, saya yakin sepenuhnya bahwa Indonesia akan mendapatkan lebih banyak manfaat pada tahun-tahun mendatang,” kata Dubes Suryo.

Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gan Kim Yong menekankan bahwa kedua negara menjalin kerja sama yang erat dan dialog rutin di semua tingkatan, baik antara masyarakat Indonesia dan Singapura, antar pelaku bisnis, maupun antar pemimpin dan pejabat pemerintah.

“Kinerja ekonomi Indonesia yang kuat dapat dikaitkan dengan reformasi struktural Pemerintah yang bertujuan untuk memperbaiki lingkungan investasi dan meningkatkan kepercayaan investor,” kata Menteri Gan.

Lebih dari 300 undangan tingkat tinggi/C-level dari berbagai pemangku kepentingan pemerintah dan swasta Singapura hadir di acara ISBF 2024. 

Baca juga : Ketum Airlangga Dapat Ucapan dari Menteri Singapura Atas Capaian Golkar di Pemilu 2024

Beberapa di antaranya adalah perwakilan dari Enterprise Singapore, Temasek, G1C, Singapore Business Federation, Singapore Chinese Chamber of Commerce and Industry, dan Singapore Manufacturing Federation.

Pembicara dalam forum ini antara lain Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Managing Director, Network Partnership, dan Strategic Marketing of Group Foreign Direct Investment Authority Jimmy Koh, serta Assistant CEO Enterprise Singapore Eunice Koh. 

Forum Bisnis ini juga dihadiri oleh Susiwijono Moegiarso, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.