Dark/Light Mode

Ikut Pameran BTL 2024, KBRI Lisabon Promosikan Wisata Indonesia

Selasa, 5 Maret 2024 09:07 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Portugal, Rudy Alfonso (tengah) mengunjungi Bolsa de Turismo de Lisboa (BTL) 2024. (Foto: Ist)
Duta Besar Indonesia untuk Portugal, Rudy Alfonso (tengah) mengunjungi Bolsa de Turismo de Lisboa (BTL) 2024. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Lisabon kembali berpartisipasi dalam Bolsa de Turismo de Lisboa (BTL) 2024.

Ajang ini merupakan salah satu pameran pariwisata tahunan terbesar di Semenanjung Iberia. Tahun ini diperkirakan sebanyak 63.000 orang berkunjung ke pameran yang diselenggarakan di Feira Internacional de Lisboa pada 28 Februari – 3 Maret 2024. 

BTL 2024 diikuti 75 negara seperti Brazil, Italia, Spanyol, Venezuela, Jepang, Yordania, Maroko, Peru, Guine Bissau, Uruguay, Vietnam, dan Afrika Selatan.

Baca juga : Gelar Cathay Pacific Travel Fair 2024, CIMB Niaga Tebar Promo dan Tiket Murah

Partisipasi KBRI Lisabon pada ajang BTL 2024 bekerja sama dengan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jakarta, dan Dinas Pariwisata Banyuwangi.

Dalam pameran tersebut, KBRI lisabon membuka booth dengan mempromosikan Bali serta 5 destinasi super prioritas pariwisata Indonesia. Selain itu, Kelompok Tari Citraloka binaan KBRI Lisabon mempersembahkan Tarian Gajak Gijik dari DKI Jakarta sebagai upaya promosi kekayaan seni dan budaya Indonesia.

“Keikutsertaan KBRI dalam ajang tahunan BTL 2024 merupakan langkah strategis untuk mempromosikan Indonesia sebagai top of mind destinasi wisata kepada masyarakat Eropa. Antusiasme pengunjung di booth Indonesia mencerminkan minat yang kuat dari masyarakat Portugal dan sekitarnya terhadap Indonesia,” ungkap Duta Besar Indonesia untuk Portugal, Rudy Alfonso.

Baca juga : IPA Convex 2024, Dukung Peningkatan Investasi Migas Indonesia

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik Indonesia, kunjungan wisatawan Portugis ke Indonesia pada 2023 mencapai 32.029 orang. Capaian ini menunjukkan pemulihan signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang sempat turun tajam di 2021, hanya 476 orang dan sebanyak 14.393 pada 2022. Diharapkan jumlah wisatawan akan terus meningkatkan kedepannya.

Semenanjung Iberia merupakan wilayah geografis yang terletak di barat daya Eropa dengan populasi lebih dari 57 juta jiwa. Kawasan yang mencakup Portugal, Spanyol, serta sebagian wilayah Perancis dan Andorra tersebut merupakan salah satu kawasan paling padat di Eropa sehingga potensi wisatawan serta peluang kerja sama dengan komunitas bisnis sangat besar.

Portugal memiliki pengalaman panjang dan sukses dalam mengembangkan industri pariwisata. Melalui pertukaran pengetahuan dan keahlian, Indonesia dapat meningkatkan daya tarik destinasi wisata sekaligus meningkatkan kualitas tenaga kerja di sektor ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.