Dark/Light Mode

Pupuk Kaltim Salurkan Rp 630 Juta Untuk Relokasi & Bedah Rumah Warga Sekitar 

Selasa, 2 April 2024 11:28 WIB
Pupuk Kaltim menyalurkan bantuan relokasi empat rumah warga terdampak banjir, sekaligus bedah dua rumah warga di Kelurahan Guntung dan Loktuan Bontang Utara, Kaltim. (Foto: Pupuk Kaltim)
Pupuk Kaltim menyalurkan bantuan relokasi empat rumah warga terdampak banjir, sekaligus bedah dua rumah warga di Kelurahan Guntung dan Loktuan Bontang Utara, Kaltim. (Foto: Pupuk Kaltim)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tingkatkan manfaat dalam mendorong kesejahteraan masyarakat, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menyalurkan bantuan relokasi empat rumah warga terdampak banjir, sekaligus bedah dua rumah warga di Kelurahan Guntung dan Loktuan Bontang Utara, Kaltim.

Adapun, realisasi bantuan rumah melalui program PKT Proaktif ini diserahkan langsung Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo, bersama Direktur Utama Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi, disaksikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang di Kelurahan Guntung, Kamis (29/3/2024).

Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo mengatakan, bantuan relokasi merupakan bagian dukungan perusahaan terhadap program Pemkot Bontang dalam penanggulangan banjir.

Rumah warga dari 4 RT di Kelurahan Guntung yang terdampak aktivitas normalisasi sungai, dipindah, serta dibangun ke lokasi yang baru.

Wahju berharap, masyarakat penerima manfaat bisa mendapatkan hunian yang jauh lebih baik dan layak, serta banjir yang kerap menggenang pun tidak lagi terjadi di kawasan terdekat perusahaan tersebut.

Begitu juga untuk program bedah rumah, menurutnya, ini merupakan agenda rutin tahunan Pupuk Kaltim sebagai agen pembangunan, sekaligus wujud manfaat perusahaan dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Wahju menuturkan, rumah layak huni merupakan salah satu indikator pengentasan kemiskinan, khususnya memberikan jaminan hidup, serta kelayakan untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan melalui manfaat TJSL perusahaan.

Baca juga : BSI Maslahat Salurkan Bantuan Senilai Rp 100 Juta Untuk Korban Banjir Demak & Kudus

"Program ini menggandeng Kodim 0908 Bontang untuk pelaksana pembangunan rumah, dengan total bantuan Pupuk Kaltim senilai Rp 630 juta. Terdiri dari bantuan relokasi sebesar Rp 480 juta dan bedah rumah Rp 150 juta," ujar Soesilo, melalui siaran pers, Selasa (2/4/2024).

Sebagai bagian dari BUMN (Badan Usaha Milik Negara), perseroan terus berupaya memberikan kontribusi terbaik, tidak hanya dalam penguatan ketahanan pangan dan pertanian nasional. Tapi, juga kebermanfaatan bagi masyarakat, khususnya di Kota Bontang.

Hal ini telah menjadi komitmen Pupuk Kaltim untuk senantiasa berperan dalam meningkatkan kesejahteraan serta kemandirian, guna mendukung pembangunan daerah yang semakin maju di segala bidang.

"Seluruhnya diwujudkan melalui sinergi dan kolaborasi dengan Pemerintah maupun stakeholder terkait lainnya, sehingga pembangunan berkelanjutan yang dibarengi kemandirian semakin terwujud di Kota Bontang. Ini menjadi komitmen Pupuk Kaltim bagi masyarakat," ungkapnya.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi menyampaikan, Pupuk Indonesia selaku BUMN bersama anak perusahaannya tidak hanya berorientasi terhadap profit, tapi juga sisi manfaat bagi masyarakat hingga pembangunan bangsa dan negara.

Hal ini diwujudkan pada berbagai program yang menyentuh langsung kebutuhan mulai tingkat dasar, termasuk penguatan kapasitas sumberdaya manusia hingga aspek lingkungan dalam mendukung keberlanjutan.

Pupuk Kaltim sebagai bagian dari Pupuk Indonesia Grup, kata Rahmad, menunjukkan komitmen yang tinggi untuk senantiasa berperan dalam pembangunan.

Baca juga : Ramadan, Pupuk Kaltim Salurkan 4.160 Paket Sembako Untuk Warga Bontang

Hal itu melihat dukungan yang direalisasikan pada berbagai aspek, seperti halnya bantuan yang kali ini disalurkan. Mengingat, rumah layak huni memiliki esensi yang sangat penting terhadap upaya pengentasan kemiskinan di masyarakat.

"Kami melihat hubungan Pupuk Kaltim dengan Pemerintah Daerah hingga masyarakat, sejauh ini begitu dekat dan terbina dengan baik. Hal ini menunjukkan, jika sinergi yang terjalin kuat akan memberi manfaat optimal terhadap pembangunan di berbagai bidang," ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Bontang Basri Rase menilai, Pupuk Kaltim merupakan perusahaan yang sangat konsisten dalam mendukung Pemerintah dan masyarakat melalui kontribusi yang disalurkan.

Hal ini dilihat dari banyaknya kepedulian perusahaan dalam pembangunan Kota Bontang, mulai dari pemberdayaan hingga sosial kemasyarakatan yang secara kontinyu bersinergi bersama Pemerintah.

Menurut Basri, program Pupuk Kaltim yang selama ini berjalan sesuai sasaran manfaat, seperti halnya bantuan relokasi dan bedah rumah bagi masyarakat kurang mampu di Kota Bontang.

Program ini sejalan dengan upaya Pemerintah dalam pengentasan kemiskinan, sekaligus mendorong kesejahteraan masyarakat melalui penyediaan hunian layak.

"Kami pun menyampaikan apresiasi atas komitmen Pupuk Kaltim, yang terus menunjukkan kepedulian sekaligus membantu program Pemerintah sesuai sasaran. Apalagi di Guntung, relokasi penting dilakukan agar program pengendalian banjir bisa berjalan maksimal," ucapnya.

Baca juga : Berkah Ramadan, Pupuk Kaltim Salurkan Bantuan Rp 3,47 Miliar Bagi Warga Bontang

Salah satu penerima manfaat, Iliyanti mengucapkan, terima kasih atas dukungan Pupuk Kaltim yang telah merelokasi tempat tinggalnya dengan sangat layak.

Ia mengaku, peruntukan rumah ini begitu diharapkan bersama keluarga, meski pembangunan ada di lokasi baru.

Hal itu tidak menjadi persoalan baginya, agar pengendalian banjir di Kelurahan Guntung bisa berjalan dengan maksimal.

"Awalnya, kami di RT 4 dan rumah sekarang masuk di RT 17. Kami sangat berterima kasih kepada Pupuk Kaltim atas bantuan rumah ini dan akan kami manfaatkan, serta rawat sebaik-baiknya," ucap Yanti.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.