Dark/Light Mode

Bangun SDM Unggul, Eka Tjipta Foundation Gandeng UGM

Selasa, 2 April 2024 11:53 WIB
Ketua Umum ETF, Hong Tjhin (kiri) saat penandatanganan nota kesepahaman bersama Rektor UGM, Ova Emilia di Gedung Pusat UGM, Yogyakarta, Senin (1/4/2024). (Foto: aist)
Ketua Umum ETF, Hong Tjhin (kiri) saat penandatanganan nota kesepahaman bersama Rektor UGM, Ova Emilia di Gedung Pusat UGM, Yogyakarta, Senin (1/4/2024). (Foto: aist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Eka Tjipta Foundation (ETF) bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) meningkatkan kualitas hidup, kesejahteraan serta kemandirian masyarakat secara berkelanjutan melalui jalur pendidikan. 

Kerja sama ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman atara EFT dengan UGM di Ruang Sidang Pimpinan, Gedung Pusat UGM, Yogyakarta, Senin (1/4/2024). Penandatangan dilakukan oleh Ketua Umum ETF, Hong Tjhin dan Rektor UGM, Ova Emilia.

“Kemitraan dengan UGM sudah berlangsung sekian lama melalui beragam inisiatif. Kami berharap hal ini dapat berlangsung secara berkelanjutan, relevan dengan potensi yang bangsa kita miliki, sekaligus dapat merespon tantangan yang mesti kita hadapi bersama,” kata Hong Tjhin.

Baca juga : Tutup Rangkaian Imlek, WBI Foundation Gelar Cap Go Meh

Pihak yayasan melihat fokus UGM dalam praktik pendidikan bagi pembangunan berkelanjutan atau education for sustainable development (ESD) dapat memunculkan bentuk kerja sama antara sektor privat dengan perguruan tinggi yang berdaya guna. 

Jika UGM memiliki jalur Penelusuran Bibit Unggul Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar, kata dia, ETF juga memiliki skema beasiswa Tjipta Sarjana Bangun Desa yang sama-sama membantu talenta dari kawasan perdesaan atau 3T, khususnya yang berada di wilayah operasional pilar usaha Sinar Mas guna menempuh pendidikan tinggi, untuk kemudian kembali serta berkarya di daerah asalnya. 

“Mungkin jika terdapat hal yang beririsan, kita dapat menggarapnya bersama-sama,” ujarnya mencontohkan. 

Baca juga : Tingkatkan SDM Lokal di Majalengka, Nabati Gandeng LPK Darma Wangsa

Hong Tjhin menambahkan, selain menunjukkan keselarasan visi juga memungkinkan ETF dan UGM mengembangkannya lebih jauh, menjadikannya landasan peningkatan kualitas SDM negeri ini menuju Visi Indonesia Emas 2045. Selain itu, pihaknya juga melihat kemitraan dengan perguruan tinggi dapat memunculkan inisiatif baru mendukung upaya pemerintah membangun ketahanan pangan dan memberdayakan UMKM.

“Dalam bidang pangan dan pertanian, skema  inclusive close loop yang memberikan pendampingan melekat bagi para petani, kini kami terapkan pula guna menaikkelaskan UMKM. Kehadiran perguruan tinggi dapat membuat upaya ini semakin berdaya guna,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Pendidikan ETF, Agustina Tutik mengatakan, ETF telah menjalin kemitraan beasiswa dengan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM di tahun 2019. Pada tahun ini, pihaknya kembali memberikan beasiswa guna memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan pada salah satu pilar usaha Sinar Mas di bidang pelayanan medis, Eka Hospital yang tengah melakukan perluasan layanan, dan memungkinkan para lulusannya untuk bergabung di sana.

Baca juga : Bangun Sinergi, Ketua Pokja MA PWI Audiensi Bareng Ketua PT Manado

Lebih jauh ke belakang, kerja sama antara Sinar Mas melalui ETF dengan UGM sebelumnya tercatat berupa penyaluran beasiswa sedari tahun 2007 hingga kini yang telah menjangkau 166 mahasiswa dari strata satu hingga tiga. Sementara dukungan pengembangan infrastruktur pendidikan, tahun lalu berlangsung lewat dukungan terhadap aktivasi Gelanggang Inovasi dan Kreativitas (GIK) UGM, dan di tahun 2015 dukungan berwujud pembangunan Gedung Fakultas Biologi yang melibatkan pula sejumlah perusahaan nasional. 

Selain itu dukungan diberikan pula dalam pembangunan Gedung Pasca Sarjana Fakultas Kehutanan berikut kerja sama pengembangan pendidikan kehutanan di tahun 2011.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.