Dark/Light Mode

APP Group Berdayakan Ibu-Ibu Produksi Kantong Kertas Ramah Lingkungan

Selasa, 2 April 2024 11:55 WIB
APP Group berdayakan ibu-ibu produksi kantong ramah lingkungan Foopak Greaseproof. (Foto: Ist)
APP Group berdayakan ibu-ibu produksi kantong ramah lingkungan Foopak Greaseproof. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Foopak Greaseproof, produk unggulan dari APP Group, berkolaborasi dengan mitra strategisnya, PT Kemenangan Andalan Kemasan memberdayakan ribuan ibu-ibu dalam memproduksi kantong kertas ramah lingkungan. 

Inisiatif ini tidak hanya menawarkan alternatif pengganti plastik dengan produk ramah lingkungan tetapi juga membuka peluang ekonomi bagi perempuan di berbagai komunitas.

Baca juga : Transisi Energi Melalui Koperasi Hijau Peluang Serap Pekerjaan Ramah Lingkungan

Head Specialty Paper APP Group, Lusiana Gomulia mengatakan, pentingnya peran perempuan dalam setiap aspek kehidupan. Menurutnya, perempuan memiliki peran penting dalam setiap aspek; di keluarga, di lingkungan, maupun di komunitas. 

Di era serba digital seperti saat ini, kata dia, banyak hal yang dapat dengan mudah dipelajari, ada banyak peluang yang dapat dicari, seperti yang dilakukan juga oleh UMKM binaan APP. “Semoga setiap perempuan dengan segala kekuatannya dapat semakin membuka jalan bagi masa depan dimana setiap perempuan dapat berkembang dan sukses dengan caranya sendiri," ujar Lusiana.

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Bikin Gebrakan Tujuh Gerakan Serentak

General Manager PT Kemenangan Andalan Kemasan, Ria Hermawanti Octaviana mengatakan, pentingnya pemberdayaan perempuan dalam membangun ekonomi, mulai dari skala kecil hingga rumah tangga. Produk yang dihasilkan oleh tangan-tangan terampil ibu-ibu binaan pihaknya menggunakan kertas Foopak Greaseproof. “Kami bangga dengan apa yang telah kami capai bersama dan berharap dapat terus berkontribusi pada lingkungan dan masyarakat," jelas Ria.

Inisiasi kolaborasi ini juga merupakan dukungan terhadap langkah Pemerintah yang menargetkan pengurangan sampah atau limbah plastik sebesar 70 persen hingga tahun 2025. Melalui kerjasama ini, Foopak Greaseproof dan PT Kemenangan Andalan Kemasan tidak hanya berkontribusi pada pengurangan penggunaan plastik tetapi juga turut mendukung pencapaian target nasional tersebut.

Baca juga : Berdayakan Anak Muda Indonesia, Sun Life Gandeng Universitas Gunadarma

Pada 15 Maret lalu, sebagai bagian dari inisiatif ini, perwakilan ibu-ibu dari PT Kemenangan Andalan Kemasan juga mendapatkan pelatihan UMKM dari CSR binaan IKPP Tangerang, IKPP Serang, dan Pindo Deli Karawang. Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka tentang UMKM, sekaligus memperkuat komitmen bersama untuk keberlanjutan lingkungan dan pemberdayaan ekonomi perempuan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.