Dark/Light Mode

Pesan Menteri Siti Buat Pemuda

Yuk Ah, Tunjukkan Sikap Peduli Sama Lingkungan

Selasa, 5 Maret 2024 07:30 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. (Foto: Dok. Kementerian LHK)
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. (Foto: Dok. Kementerian LHK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepedulian generasi muda terhadap lingkungan harus ditunjukkan secara konkret. Ancaman krisis membutuhkan keterlibatan pemuda untuk ikut berkontribusi.

Pernyataan itu disam­paikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya saat acara kelulu­san Program Green Leadership Indonesia (GLI) di kantornya di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (4/3/2024).

GLI angkatan III itu berta­juk Memfasilitasi Tumbuhnya Pemimpin Dengan Perspektif Keadilan Sosial dan Ekologis.

Baca juga : Ambang Batas Parlemen 4 Persen,Turunin Apa Hapus Sekalian?

Siti mengingatkan para pemu­da, terutama alumni GLI, untuk memiliki perspektif keberpi­hakan yang tinggi kepada ling­kungan hidup. Sikap tersebut harus ditunjukkan di tengah-tengah kehidupan bermasyara­kat, mulai dari hal kecil hingga menjalankan program GLI.

“Semuanya perlu langkah konkret menghadapi berbagai tantangan atas lingkungan,” jelasnya.

Siti memaparkan, pemuda saat ini menghadapi tantangan tiga krisis planet, yakni perubahan iklim, polusi dan menurunnya keanekaragaman hayati.

Baca juga : Anggota DPRD DKI Disambut Pakaian Dinas Rp 3 Miliar

“Perlu langkah konkret meng­hadapi semuanya,” tegasnya.

Langkah-langkah tersebut bi­sa dilakukan dengan dua tahap. Pertama, generasi muda dengan visi hijau atau green vision. Mereka bisa menerapkan gaya hidup hijau atau green lifestyle.

Gaya hidup hijau dapat men­jadi langkah kecil untuk memu­lai mitigasi dan adaptasi peruba­han iklim.

Baca juga : Terobosan Menjaga Kedaulatan Pangan

“Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) pemuda lebih peduli lingkungan ini perlu dibantu oleh setiap elemen masyarakat dan tentu saja oleh Pemerintah,” tutur Siti.

Politisi Partai NasDem ini memahami peran pemuda dalam menjaga lingkungan perlu mendapatkan dukungan nyata juga dari Pemerintah. Karena itu, Kementerian LHK mendukung pembentukan dan pelaksanaan GLI.

“Dengan GLI kami ingin mengeluarkan potensi generasi muda yang sudah peduli atas lingkungan untuk menjadi pe­mimpin,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.