Dark/Light Mode

Kurangi Sampah Plastik, Garuda Pakai Kemasan Ramah Lingkungan APP Group

Selasa, 5 Maret 2024 10:26 WIB
Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra (kanan) dan Managing Director APP Group, Suhendra Wiriadinata. (Foto: Ist)
Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra (kanan) dan Managing Director APP Group, Suhendra Wiriadinata. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Garuda Indonesia berkomitmen menggunakan kemasan ramah lingkungan dalam penerbangannya. Hal ini dilakukan untuk menekan sampah plastik.

Untuk mencapai targetnya tersebut, Garuda menggandeng APP Group. Kolaborasi ini dimulai pada saat bulan Ramadhan.

Garuda akan menggunakan ragam produk kemasan ramah lingkungan pada berbagai touch point layanan inflight service seperti kemasan alat makan dan kemasan makanan serta minuman, menggunakan bahan kertas dari Enza & Foopak. Bahan kertas ini dirancang untuk mengurangi dampak lingkungan, dan mengurangi ketergantungan pada plastik sekali pakai.

Baca juga : APP-Garuda Kolaborasi Penggunaan Kemasan Ramah Lingkungan Di Penerbangan

Penggunaaan produk ramah lingkungan pertama akan digunakan untuk destinasi di Sumatera, seperti Palembang, Pekanbaru, Jambi, dan Surabaya. Ke depannya akan diperluas ke rute lainnya.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menyambut baik kerja sama dengan APP Group. Dia mengatakan,  inisiasi bersama dengan APP Group ini merupakan salah satu wujud komitmen Garuda untuk mendukung program dekarbonisasi yang telah diterapkan oleh pemerintah.

"Misi penerbangan hijau menjadi salah satu pilar akselerasi kinerja yang kami terus optimalkan di Garuda Indonesia. Hal ini yang kami lakukan tidak hanya dengan mengupayakan langkah sinergis dalam memperkuat Inisiatif aksi korporasi yang berwawasan lingkungan hidup, melainkan juga melalui penguatan support system operasional penerbangan ramah lingkunhan melalui kolaborasi bersama mitra strategis seperti yang kami lakukan bersama APP Group,” jelas Irfan.

Baca juga : Berkonsep Futuristik dan Ramah Lingkungan, BNI Hadirkan Gedung Baru di IKN

Sebagai maskapai pembawa bendera bangsa, kata dia, Garuda terus berupaya untuk memperkuat komitmen tersebut yang dilaksanakan melalui berbagai kebijakan koporasi yang mengedepankan focus sustainability dalam seluruh aspek operasional perusahaan. Adapun hal tersebut dioptimalkan salah satunya dengan bekerjasama dengan mitra strategis untuk menghadirkan pengalaman penerbangan yang aman, nyaman serta ramah lingkungan.

Inisiatif ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan menginspirasi lebih banyak perusahaan dan individu untuk mengadopsi praktik bisnis yang berkelanjutan.

"Kami di APP Group menyadari bahwa keberlanjutan bukan hanya sebuah pilihan, tetapi sebuah keharusan bagi masa depan kita. Produk kemasan ramah lingkungan dari Enza dan Foopak adalah salah satu langkah kami dalam mengurangi jejak karbon dan mendukung Indonesia menuju ekonomi hijau. Ini adalah tanggung jawab kita bersama terhadap planet dan generasi yang akan datang," ujar Managing Director APP Group, Suhendra Wiriadinata.

Baca juga : Warpong Buan Hadirkan Masakan Khas Tegal dan Konsep Ramah Lingkungan

Melalui inisiatif ini, APP ingin mendukung gaya hidup di masyarakat yang ramah lingkungan. Kami percaya bahwa perubahan positif dimulai dari langkah kecil, dan penggunaan kemasan ramah lingkungan ini adalah salah satu langkah kecil yang dapat membawa dampak besar bagi kelestarian lingkungan.

Di kesempatan yang sama, APP Group melalui Yayaan Muslim Sinar Mas mewakafkan 1000 Al Quran kepada Garuda Indonesia, yang secara simbolis diserahkan langsung oleh Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas Saleh Husin rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Adapun Al Quran ini selanjutnya akan didistribusikan ke masyarakat melalui perwakilan dari kantor cabang Garuda  Indonesia di berbagai destinasi di Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.