Dark/Light Mode

Arus Mudik Di Bandara Soetta Lancar, Ini 5 Destinasi Favorit

Kamis, 11 April 2024 19:31 WIB
Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Ist)
Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (AP II) mencatat jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada arus mudik 2024 tercatat 1,13 juta orang atau naik 9 persen.

Jumlah pergerakan pesawat di bandara tersibuk di Indonesia ini pada arus mudik sebanyak 7.976 penerbangan, naik 9 persen.

Adapun lima destinasi favorit dari Bandara Soekarno-Hatta sepanjang arus mudik 3-9 April, yaitu; pertama, Denpasar dengan jumlah penumpang 166.213 orang. Kedua, Medan dengan jumlah penumpang 147.237 orang.

Baca juga : Tips Berkendara Aman Dan Lancar Melewati Jalur One Way-Contra Flow

Ketiga, Surabaya dengan jumlah penumpang 110.348 orang. Keempat, Makassar dengan jumlah penumpang 108.471 orang. Dan, kelima, Padang dengan jumlah penumpang 88.689 orang

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana mengatakan, Denpasar menjadi destinasi favorit di mana ini menandakan bergeliatnya sektor pariwisata di Indonesia. 

“Pada arus mudik ini, masyarakat melakukan perjalanan udara dari Bandara Soekarno-Hatta untuk pulang ke kampung halaman bertemu keluarga, dan ada juga masyarakat yang berlibur,” jelas Dwi Ananda.

Baca juga : Puncak Arus Mudik Di Bandara AP II Lancar, Total Penumpang Pesawat 313.170

Lebih lanjut, Dwi Ananda mengatakan, peningkatan permintaan penerbangan dapat dikelola dengan baik oleh seluruh stakeholder. Guna memastikan semuanya berjalan dengan baik, Bandara Soekarno-Hatta mengoperasikan dua posko monitoring angkutan lebaran. Posko pertama ada di Terminal 1, lalu Posko kedua ada di Terminal 3. 

Di samping itu, Bandara Soekarno-Hatta juga didukung Airport Operation Control Center (AOCC), Airport Infrastructure Control Center (AICC), Land Transport Control Center (LTCC) dan Airport Security Command Center (ASCC),” ujar Dwi Ananda.

Keberadaan seluruh infrastruktur ini mendukung kolaborasi yang baik di antara stakeholder bandara, yang menjadi kunci dalam memastikan aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan di bandara. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.