Dark/Light Mode

Arus Balik Lebaran, Jasamarga Tollroad Maintenance Tingkatkan Layanan Preservasi

Sabtu, 13 April 2024 14:55 WIB
Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM), meningkatkan sejumlah layanan dalam menghadapi arus balik libur Lebaran pada Jumat sampai Minggu,13-15 April 2024. (Foto: Dok. jMTM)
Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM), meningkatkan sejumlah layanan dalam menghadapi arus balik libur Lebaran pada Jumat sampai Minggu,13-15 April 2024. (Foto: Dok. jMTM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jasa Marga (Persero) melalui anak usahanya di bidang preservasi dan konstruksi jalan tol, PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM), meningkatkan sejumlah layanan dalam menghadapi arus balik libur Lebaran Idul Fitri 1445 H/Tahun 2024 yang diprediksi akan mulai meningkat pada periode Jumat sampai Minggu,13-15 April 2024.

Dalam memberikan layanan yang optimal bagi pengguna jalan, JMTM berkomitmen memastikan kualitas infrastruktur jalan tol dalam kondisi prima dengan mengelola program preservasi secara berkala yang juga menjadi komponen utama pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Direktur Utama PT JMTM Suchandra P. Hutabarat menjelaskan, terhitung sejak H-10 Hari Raya Idul Fitri 1445H, JMTM telah menghentikan pekerjaan konstruksi yang berpotensi mengganggu lajur jalan tol untuk mengoptimalkan kapasitas lajur.

Pada arus mudik dan arus balik, JMTM berkomitmen untuk tetap meningkatkan layanan preservasi sehingga tercipta perjalanan yang aman dan nyaman di jalan tol.

Baca juga : Hadapi Arus Balik, ASDP Tingkatkan Keamanan Penumpang Di Bakauheni

“Dalam menjaga komitmen pelayanan preservasi, kami memastikan sistem drainase berfungsi dengan rutin untuk membersihkan endapan (normalisasi) dan sampah," ujar. Suchandra dalam keterangannya, Sabtu (13/4/2024).

Suchandra menambahkan, pihaknya juga melakukan peningkatan kapasitas sistem drainase dengan melakukan pembuatan tanggul, pengerukan dan penambahan luasan kolam tampungan, peningkatan kapasitas pompa statis pada lokasi-lokasi rawan genangan.

"Selain itu, kami juga melakukan kegiatan patching untuk memastikan kondisi jalan dalam keadaan baik” ujarnya.

Suchandra menambahkan, JMTM juga telah menyiagakan sejumlah personel layanan preservasi yang terdiri dari Tim Layanan Preservasi Jalan Tol Pemenuhan SPM Bidang Pemeliharaan yang terdiri dari Substansi Pelayanan Kondisi Jalan Tol, Lingkungan, Keselamatan dan Sarana Pelengkap Jalan (Sarkapja), dan Tim Siaga selama Periode Arus Balik Lebaran Tahun 2024.

Baca juga : Polri Terapkan One Way Di Tol Kalikangkung-Cipali Hari Ini Mulai Pukul 3 Sore

“Kami menambah personel layanan preservasi ke sejumlah wilayah di regional dan sub holding Jasa Marga Group. Sebagai contohnya, di Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division (JMT) menyiagakan 175 Tim yang dilengkapi dengan material dan alat preservasi sejumlah 7.097 zak coldmix dan 146 unit pompa," ujarnya.

Di Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT), menurut Suchandra JMTM menyiagakan tim sejumlah 84 Tim dan melengkapi material dan alat preservasi sejumlah 635 zak coldmix dan 4 unit pompa.

"Sedangkan untuk PT Jasamarga Transjawa Tol (PT JTT) kami menyiagakan 193 Tim dengan material dan alat preservasi sejumlah 3.339 zak coldmix, 28 unit pompa,” jelasnya.

Sebagai langkah preventif untuk mengantisipasi kondisi khusus, salah satunya akibat cuaca ekstrem, JMTM telah menyiagakan tim siaga antisipasi kejadian khusus selama arus balik Lebaran tahun 2024 pada Ruas JMT sebanyak 23 tim, ruas JNT sebanyak 9 Tim, dan ruas PT JTT sebanyak 33 Tim yang bekerja untuk melakukan inspeksi dan inventarisasi kejadian khusus serta tindak lanjut penanganan kejadian khusus.

Baca juga : Jelang Arus Balik, Jasa Marga Terapkan Contra Flow Jakarta-Cikampek

Untuk mewujudkan perjalanan arus balik yang lancar, aman dan nyaman Jasa Marga juga akan terus berkolaborasi dengan para stakeholder terkait seperti Korlantas, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian BUMN dan Badan Usaha Jalan Tol lainnya.

PT JMTM juga menghimbau agar pengguna jalan tol dapat selalu awas dan siaga dalam mengemudikan kendaraan demi kelancaran Arus Balik Lebaran Tahun 2024.

Gunakan lajur kanan hanya untuk mendahului, berhenti di rest area ketika lelah dan mengantuk serta perhatikan batas atas kecepatan maksimal dalam mengemudikan Kendaraan.

Untuk memantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas juga bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA, aplikasi Travoy dan media sosial resmi Jasa Marga.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.