Dark/Light Mode

Segera Melantai Di Bursa

IPO MIND ID Perkuat Investasi Dan Bisnis

Minggu, 21 April 2024 07:05 WIB
MIND ID. Foto: Istimewa
MIND ID. Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
“Jangan sampai timbul kesan nanti dengan go public seperti hanya menjual aset tambang saja,” katanya.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya, tegas Toto, ketika IPO MIND ID terealisasi, maka bagi PT Freeport Indonesia, sebagai anak usaha, dapat men­jadi semacam backdoor listing.

“Maka value creation dapat tetap dijaga, yakni dengan men­dorong kegiatan eksplorasi, sehingga memberi nilai tambah bagi nasional,” tutur Toto.

Baca juga : Pemerintah Mesti Gercep Selamatkan Perekonomian

Sebelumnya diketahui, kabar IPO awalnya akan dilakukan oleh PT Indonesia Asahan Alu­minium (Inalum). Namun ren­cana IPO Inalum pun urung juga dilaksanakan. Lalu muncul bahwa MIND ID yang justru akan melakukan IPO.

Padahal, Inalum telah melaku­kan split off atau memisahkan diri dari MIND ID pada 21 Maret 2023. Sejak itu, Inalum dikabarkan akan melakukan inorganic growth dengan proyek Calcined Petroleum Coke (CPC), serta penyertaan modal tambang garam untuk memenuhi kebutuhan Smelting Grade Alu­mina Refinery (SGAR) di Kali­mantan Barat.

Valuasi Inalum dianggap terlalu kecil, sehingga berpo­tensi tidak diminati investor. Sebaliknya, MIND ID, sebagai perusahaan holding memiliki valuasi yang jauh lebih besar.

Baca juga : Seragam Adat Di Sekolah Tambah Beban Orang Tua

Apalagi pada akhir Februari lalu, MIND ID resmi menambah porsi kepemilikan di PT Vale Indonesia Tbk (INCO) menjadi 34 persen dari semula 20 persen.

MIND ID merupakan induk BUMN pertambangan yang beranggotakan PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum, PT Timah Tbk, PT Vale Indonesia Tbk dan MIND ID Trading. DWI

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 9, edisi Minggu, 21 April 2024 dengan judul "Segera Melantai Di Bursa IPO MIND ID Perkuat Investasi Dan Bisnis"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.