Dark/Light Mode

TAM Umumkan Pemenang Toyota Dream Car Art Contest Ke-17, Ini Daftarnya

Kamis, 2 Mei 2024 15:29 WIB
Presiden Direktur PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda (kiri) dan Wakil Presiden Direktur PT. Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto (kanan) bersama para pemenang lomba menggambar mobil impian Toyota pada acara Awarding Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) ke-17 yang berlangsung di Taman Lalu Lintas Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/5/2024). (Foto: Ist)
Presiden Direktur PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda (kiri) dan Wakil Presiden Direktur PT. Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto (kanan) bersama para pemenang lomba menggambar mobil impian Toyota pada acara Awarding Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) ke-17 yang berlangsung di Taman Lalu Lintas Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/5/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan para pemenang Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) ke-17. Pengumuman bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional.

Mengusung tema Dare to Dream: Let’s Change the Future of Cars, TDCAC Ke-17 (2023-2024) mengajak anak-anak Indonesia untuk menciptakan desain mobilitas impian yang unik, penuh fantasi, kreatif, inovatif, penuh warna, dan berbeda dari mobil-mobil yang ada saat ini, sebagai solusi masalah lingkungan dan sosial di masa depan yang sarat akan empati anak. 

Kompetisi ini terbagi dalam 3 kategori usia, yaitu kategori 1 untuk peserta berusia di bawah 8 tahun, kategori 2 untuk peserta usia 8-11 tahun, dan kategori 3 untuk peserta usia antara 12-15 tahun, Toyota memilih masing-masing 3 pemenang perkategori yang akan dibawa berlomba di tingkat global di Jepang.

Animo anak-anak Indonesia ikut TDCAC Ke-17 meningkat. Pada tahun ini ada lebih dari 7.000 artworks dari 29 Provinsi yang dikirimkan dibandingkan TDCAC ke-16 dengan 6.161 artwork dari 23 Provinsi.

Dari 7.000 lebih karya hebat anak Indonesia, tersaring 2.648 desain mobilitas impian yang lolos seleksi ide oleh tim juri. Selanjutnya, dipilih lagi 100 karya dari tiap kategori (total 300 karya). Tim juri kemudian memilih 10 besar masing-masing kategori, berikutnya dipilih 3 pemenang pada tiap kategori lomba yang diumumkan bersamaan dengan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2024.

TDCAC ke-17 berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti para alumni TDCAC, lebih dari 50 sekolah, dan sanggar seni dengan keterlibatan guru juga untuk meningkatkan ketrampilan peserta. Keterlibatan 10 Dealer Resmi Toyota yaitu Dunia Barusa, Wira Megah, Auto2000, Plaza Toyota, Asri Motor, Tunas Toyota, Nasmoco, Kalla Toyota, Hasjrat Toyota, dan Sinar Suri juga berperan penting mendukung lomba ini dari Aceh hingga Papua.

Sementara itu, jajaran juri TDCAC ke-17 terdiri dari para professional dan pakar di bidangnya, di antaranya Ario Anindito (komikus dan illustrator Marvel dan DC Comics), Bambang Rahadian (komikus sekaligus dosen jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Kesenian Jakarta), Debby Rahmalia (ilustrator dan penulis buku anak best seller terbitan internasional), Reti Oktania (psikolog anak dan Co-founder of The Little Wisdom), Laksmi W (pakar pendidik anak dan remaja), bersama President Director, Vice President Director, dan management representative PT TAM.

“TDCAC yang secara konsisten dilaksanakan sejak tahun 2004, merupakan implementasi salah satu dari empat pilar aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) Toyota Indonesia di bidang pendidkan, yaitu ‘Toyota Berbagi Ilmu’,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Baca juga : AHM Segarkan Tampilan New Honda Vario 125, Ini Daftar Harganya

Menurut dia, TDCAC fokus untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif anak-anak Indonesia, sekaligus menumbuhkan empati dan kepedulian atas masalah lingkungan dan social, serta mewujudkan jalan keluar dalam bentuk mobility solution yang inovatif, canggih, kreatif, dan out-of-the-box.

Sementara, President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda mengatakan, Toyota mengajak setiap lapisan masyarakat termasuk anak-anak, untuk peduli terhadap isu lingkungan dan sosial. Untuk itu, TDCAC menyediakan kesempatan bagi anak-anak di Indonesia untuk membagikan ide mengenai future mobility yang dapat mengatasi isu lingkungan dan sosial versi mereka yang penuh imajinasi dan memberikan kebahagiaan kepada semua orang.

“Kami berharap TDCAC ke-17 dapat memotivasi dan menginspirasi lebih banyak anak Indonesia untuk mencurahkan perhatiannya dalam menghadirkan mobilitas yang mendukung aktivitas generasi mendatang yang berkelanjutan,” tutupnya.

Daftar Pemenang Lomba Toyota Dream Car Art Contest ke-17

Kategori 1 (di bawah 8 tahun):

1. Sienna Arielle Kedna (7) / Bandung, Jawa Barat / Mobil Pembawa Kehangatan.

2. Eleandra Zefanya Marjorie (7) / Depok, Jawa Barat / Trash Cleaner & Fish Hospital Car.

3. Alecia Anindya Maheswari (7) / Malang, Jawa Timur / Mobil Eco Enzym

Baca juga : Asuransi Sinar Mas Gelar Agency Tour Contest F1 PowerBoat di Toba

Kategori 2 (usia 8—11 tahun):

1. Albert Ryan (10) / Jakarta Utara, Jakarta / Toyota Mobilitas Untuk Semua.

2. Alya Martha Satriani (11) / Bengkulu, Bengkulu / Stork Car Detecting Water Springs.

3. Talia Tirza (9) / Surabaya, Jawa Timur / Happy Hospital Car

Kategori 3 (usia 12—15 tahun):

1. Damion Deven (15) / Surabaya, Jawa Timur / P3TRUCK (Provision-Promotion-Prosperity Truck).

2. Hilmi Susilo Wahyudi (13) / Jakarta Utara, Jakarta / Toyota Peace Car.

3. Anindya Nakesha Zara (14) / Bengkulu, Bengkulu / Mobil Perawatan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa)

Baca juga : Garuda Tingkatkan Frekuensi Penerbangan Di 5 Rute Internasional, Ini Daftarnya

Special Awards TDCAC ke-17

Special Awards merupakan penghargaan khusus yang pemenangnya dipilih langsung oleh PD dan VPD PT TAM. Terdapat 2 orang pemenang yaitu:

1. Best Inspirational Award

Diberikan kepada karya yang mempunyai ide orisinal dan pesan yang kuat mengenai harapan tentang mobil impian. Penghargaan diberikan kepada: Alecia Anindya Maheswari (7) / Malang, Jawa Timur / Mobil Eco Enzym

2. Best Indonesia Theme

Diberikan kepada karya yang mempunyai karakter khusus dan keunikan yang mewakili kebudayaan Indonesia. Penghargaan diberikan kepada:  Alya Martha Satriani (11) / Bengkulu, Bengkulu / Stork Car Detecting Water Springs.

Selain menerima hadiah berupa dana pendidikan, piala, dan sertifikat khusus, pemenang juga akan mewakili Indonesia pada kontes TDCAC tingkat global di Jepang, bersaing dengan karya-karya dari 75 negara lain di dunia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.