Dark/Light Mode

Rayakan Hari Pendidikan Nasional

EWINDO Gelar Edukasi Bercocok Tanam Bagi Generasi Masa Depan Bangsa

Kamis, 2 Mei 2024 17:41 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), PT East-West Seed Indonesia (EWINDO) menggelar kegiatan “Urban Farming Goes to School” untuk memberikan pengalaman mudahnya bercocok tanam bagi generasi masa depan bangsa, sekaligus mengedukasi tentang pentingnya konsumsi sayuran bagi kesehatan.

Produsen benih hortikultura dengan merek “Cap Panah Merah”, EWINDO menggelar aktivitas ini dengan menggandeng SMP Negeri 4 Curug, Tangerang.

Acara yang diselenggarakan di SMPN 4 Curug ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SMPN 4 Curug Purwaningsih dan Corporate Relations & Communication Manager EWINDO Baskoro Adiwiyono.

Baskoro mengungkapkan, aktivitas bertani sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, dan di mana saja.

EWINDO senang bisa menggandeng SMPN 4 Curug sebagai sekolah berkarakter yang memang memiliki keunikan tersendiri, yaitu menjadikan kegiatan cocok tanam sebagai turunan dari salah satu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

“Aktivitas menanam kembang kol di kawasan perkotaan (urban farming) seperti yang kami lakukan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap lingkungan, dimulai dari lingkungan tempat belajar dan tinggal mereka masing-masing,” ujarnya, Kamis (2/5/2024).

Tanaman produktif yang dipilih pun juga merupakan bagian dari upaya edukasi akan pentingnya konsumsi sayuran bagi kesehatan.

Baca juga : Apakah Hari Pendidikan Nasional Libur? Simak Sejarah Hingga Tema Hardiknas 2024

“Karena kembang kol memiliki kandungan antioksidan dan juga memenuhi kebutuhan serat,“ tuturnya.

Bercocok tanam merupakan kegiatan yang menuntut gerak tubuh yang aktif. Upaya edukasi budidaya, menyemai dan pindah tanam tanaman kembang kol yang dilakukan bersama-sama hari ini.

Generasi muda berkesempatan eksplorasi secara langsung asyiknya bercocok tanam, sejalan dengan tema yang diusung pada Hari Pendidikan Nasional Republik Indonesia tahun ini, yaitu “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Antusias menyambut kegiatan edukasi cocok tanam bagi para siswanya, Kepala Sekolah SMPN 4 Curug Purwaningsih mengatakan, sebagai sekolah peraih penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi Banten, SMPN 4 Curug sangat senang dengan adanya kolaborasi dari pihak industri dalam mengedukasi siswa-siswinya tentang pentingnya mengelola lingkungan hidup.

Selain itu, kegiatan ini juga sangat mendukung implementasi Kurikulum Merdeka dengan adanya proses belajar mengajar luar ruang dalam bentuk projek yang menyenangkan dan sifatnya berkesinambungan seperti ini.

“Aktivitas menanam benih bersama yang diinisiasi oleh EWINDO ini tidak hanya mengasah keterampilan, namun juga melatih berbagai kualitas yang bermanfaat bagi para peserta didik, seperti ketelitian, kesabaran, dan berani kotor-kotoran demi membantu menjaga kelestarian lingkungan,” tuturnya.

Sekitar 760 siswa-siswi SMPN 4 Curug ikut serta dalam kegiatan “Urban Farming Goes to School” kali ini.

Baca juga : Hadiri Dharma Santhi Nasional, Cantiasa Apresiasi dan Dorong Kemajuan Generasi Muda Hindu

Benih kembang kol yang telah ditanam hari ini dibawa pulang oleh setiap anak untuk ditanam di rumahnya masing-masing.

Untuk mengupayakan agar benih kembang kol yang ditanam bisa tumbuh sesuai dengan harapan, EWINDO bekerja sama dengan pihak sekolah juga menyertakan booklet digital panduan ringkas budidaya kembang kol LARISSA F1.

LARISSA F1 merupakan varietas kembang kol yang cocok untuk dataran rendah sehingga sesuai dengan karakteristik lahan untuk urban farming pada umumnya.

Dengan membawa pulang benih kembang kol yang telah ditanam dalam pot, EWINDO ingin agar setiap siswa SMPN 4 Curug bisa mengajak setiap anggota keluarganya di rumah bersenang-senang dalam aktivitas merawat tanaman bersama.

“Ketika saatnya tiba untuk panen, kami berharap kebahagiaan mengonsumsi sayuran yang ditanam sendiri bisa dirasakan oleh seluruh anggota keluarga, “ tutup Baskoro.

EWINDO telah bekerja sama dengan lebih dari 17.000 petani produksi benih hingga saat ini.

Melalui kerja sama tersebut, EWINDO melakukan pendampingan, transfer teknologi hingga menyerap hasil panen petani secara langsung.

Baca juga : Terapkan Prinsip ESG, Generali Gelar Edukasi Finansial dan Kelas Parenting

Dengan pola kerja sama ini petani mendapatkan jaminan atas produk pertanian yang dihasilkan.

Selain itu, EWINDO juga membina lebih dari 7 juta petani sayuran di seluruh Indonesia.

Untuk melayani petani sayuran di seluruh Indonesia, EWINDO telah memproduksi lebih dari 150 varietas benih unggul berkualitas dan telah mendapatkan sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Sistem Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Untuk informasi lebih lanjut tentang PT East-West Seed Indonesia (EWINDO) dan benih “Cap Panah Merah”, bisa mengunjungi www.panahmerah.id.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :