Dark/Light Mode

PDIP Apresiasi Prabowo Puji Bung Karno

Jumat, 10 Mei 2024 15:29 WIB
Ahmad Basarah. (Foto: Ist)
Ahmad Basarah. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan (PDIP) mengucapkan terima kasih kepada Presiden terpilih, Prabowo Subianto yang mengatakan Bung Karno adalah milik seluruh rakyat Indonesia. Kata dia, pernyataan tersebut sangat tepat.

Hal itu diungkapkan Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menjawab pertanyaan media, Jumat (10/5/2024).

“Saya kira sudah tepat Pak Prabowo menyatakan Bung Karno milik seluruh rakyat Indonesia, karena memang sejatinya Bung Karno adalah seorang Bapak Bangsa Indonesia,” ujar Wakil Ketua MPR itu.

Baca juga : M. Qodari Apresiasi Ide Presidential Club Prabowo Demi Persatuan Bangsa

Basarah menegaskan, pernyataan Pak Prabowo tersebut membuktikan keberhasilan perjuangan politik PDIP selama ini untuk mengembalikan status dan peran serta nama baik Bung Karno ke tempat yang seharusnya.

“Di masa Orde Baru dulu Bung Karno tidak mendapatkan pengakuan dan perlakuan seperti yang Pak Prabowo tegaskan sekarang karena pada masa itu Bung Karno diperlakukan tidak sebagaimana mestinya sebagai seorang Pejuang Kemerdekaan, Proklamator Bangsa, Penggali Pancasila dan Presiden Pertama Republik Indonesia,” terang Wakil Ketua Lakpesdam PBNU itu.

Dalam misi perjuangan politik PDIP tidak pernah memasukan Bung Karno hanya menjadi milik satu golongan, satu kelompok apalagi milik satu partai saja karena itu bertentangan dengan eksistensi dan jati diri Bung Karno yang bukan hanya milik bangsa Indonesia tetapi juga milik dunia karena jasa jasa Bung Karno terhadap insiprasi kemerdekaan bangsa bangsa Asia Afrika melalui penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika tahun 1955 di Bandung dan berbagai legacy Bung Karno lainnya kepada dunia.

Baca juga : Soal Koalisi Dengan Prabowo, Cak Imin: Tunggu 20 Oktober

“Semoga jika Pak Prabowo menjadi Presiden RI kelak, beliau akan menjadi pemimpin yang adil dan bijak serta mau dan berani menjalankan kepemimpinannya sesuai dengan nilai nilai Pancasila yang diwariskan oleh Bung Karno dan Para Pendiri Bangsa lainnya,” ujar Ketua Fraksi PDIP MPR itu.

Dia juga berharap Pak Prabowo tidak menjadi pemimpin yang anti kritik dan tidak menganggap pihak-pihak yang tidak bergabung dalam pemerintahannnya serta pihak pihak yang mengkritiknya sebagai “pengganggu”. Pasalnya, dalam sistem demokrasi yang diwariskan para pendiri bangsa yang juga diatur di dalam konstitusi telah memberikan hak berdaulat bagi rakyat Indonesia untuk mengawasi jalannya kekuasaan politik negara agar terjadi check and balances.

“Agar tidak menjadi negara yang autoritarian karena demokrasi Pancasila yang mengajarkan keseimbangan politik adalah pilihan terbaik bagi bangsa Indonesia,” ujar Basarah menutup keterangannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.