Dark/Light Mode

Chatbot BRI Sabrina Kembali Raih Best in Personalization Strategy di Mata Lokal Award 2024

Jumat, 24 Mei 2024 09:19 WIB
Transformasi digital BRI kembali mendapatkan apresiasi, melalui chatbot BRI Sabrina yang berhasil menyabet penghargaan untuk kategori Best in Personalization Strategy. (Foto: Ilustrasi BRI)
Transformasi digital BRI kembali mendapatkan apresiasi, melalui chatbot BRI Sabrina yang berhasil menyabet penghargaan untuk kategori Best in Personalization Strategy. (Foto: Ilustrasi BRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Transformasi digital yang tengah dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali mendapatkan apresiasi, yakni melalui chatbot BRI Sabrina yang berhasil menyabet penghargaan untuk kategori Best in Personalization Strategy.

Penghargaan yang diberikan dalam acara Mata Lokal Fest yang mengusung tema Local Thriving in the Digital Era, diselenggarakan oleh Tribunnews di Menara Peninsula Hotel Jakarta, Jumat (17/5/2024).

BRI dianggap sebagai perusahaan terkemuka yang mampu memberikan dampak positif untuk Indonesia. Dalam hal ini, digitalisasi menjadi kesempatan bagi BRI untuk berkembang bersama lokal.

Teknologi di Sabrina sendiri telah dimaksimalkan dengan Large Languange Model (LLM), chatbot ini mampu merespons berbagai bahasa daerah Indonesia.

Baca juga : Festival Suara Kembali Hadirkan Musisi Indonesia dan Internasional di Nuanu

Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto mengatakan, penghargaan ini semakin memacu BRI untuk melakukan inovasi digital.

“Sabrina akan terus dikembangkan untuk lebih memudahkan nasabah dalam mencari informasi dan transaksi. Chatbot Sabrina yang dirancang dan dikembangkan dengan teknologi artificial intelligence, bisa berinteraksi dengan nasabah termasuk menyapa dan berbincang dengan menggunakan bahasa daerah/lokal,” ujarnya.

Sebelumnya, Sabrina juga meraih peringkat pertama untuk kategori Performa Terbaik Chatbot Bank, dalam hasil survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024 yang dirilis lembaga riset MRI bekerja sama dengan majalah Infobank.

:Seperti diketahui, di tengah perkembangan zaman yang semakin berkembang membuat kebutuhan nasabah akan layanan semakin tinggi," ucap Andrijanto dalam keterangannya Jumat (24/5/2024).

Baca juga : Bamsoet Terima Penghargaan Collaborator Network di Mata Lokal Awards 2024

Untuk memenuhi kebutuhan nasabah tersebut perbankan perlu melakukan inovasi terhadap pelayanannya, terutama pada sisi digitalisasi layanan, sehingga dapat nasabah dalam memperoleh informasi terkait layanan suatu perbankan.

Selain dapat berinteraksi dengan menggunakan berbagai macam bahasa dan memberikan informasi perbankan, Sabrina juga dapat membantu nasabah untuk melakukan pengecekan saldo dan mutasi tabungan, melakukan pembuatan dan pengecekan pengaduan, menginformasikan lokasi kantor BRI, lokasi mesin ATM dan merchant terdekat.

"Cukup dengan Tanya Sabrina melalui Whatsapp pada nomor 0812 1214 017 informasi terkait produk dan promo bank BRI dapat dengan mudah didapat," ujar Andrijanto.

Sebagai informasi, acara ini menjadi salah satu upaya dan wujud komitmen Tribun Network dalam memberdayakan lokal bersama para stakeholder yang terlibat.

Baca juga : Bahlil Beberin Strategi Sukseskan Swasembada Gula Di Merauke

Rangkaian acara Mata Lokal Fest meliputi Temu Komunitas Lokal, Local Experience, Collaborator Talk dan Mata Lokal Award.

Mata Lokal Award akan dianugerahkan kepada perusahaan yang mampu memberikan dampak dan bergerak pada misi besar untuk memperkuat eksistensi lokal.

Untuk itu, penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi, serta momentum untuk berkolaborasi dan berkembang bersama lokal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.