Dark/Light Mode

Kebakaran Kilang Berhasil Dipadamkan, KPI Balikpapan Pastikan Pasokan BBM Aman

Sabtu, 25 Mei 2024 17:15 WIB
KPI unit Balikpapan kebakaran, Sabtu (25/5/2024). (Foto: Antara)
KPI unit Balikpapan kebakaran, Sabtu (25/5/2024). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Pemadam telah berhasil tangani kejadian di CDU IV Kilang Balikpapan pada pukul 07.30 WITA. Saat ini tim fokus pada upaya pendinginan area kejadian untuk mencegah timbulnya api kembali.

Tim Pemadam Kilang Balikpapan didukung oleh 8 unit mobil pemadam diturunkan dalam kejadian tersebut. Pemadam statis (fire ground) yang berada di sekitar lokasi pun diaktifkan untuk membantu pemadaman dan melokalisir sumber panas. Saat ini, tim terus memastikan tidak ada sumber panas di area kejadian aman. 

"Alhamdulillah, Tim Pemadam telah berhasil menguasai kondisi dan saat ini tengah dilakukan upaya pendinginan," ujar General Manager Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan, Arafat Bayu Nugroho, Sabtu (25/5/2024).

Baca juga : Galangan Kapal Panji Diklaim Bakal Sukseskan Program Makan Siang Gratis

Menurut dia, lokasi kejadian berada masih berada di area kilang sehingga tidak berdampak langsung kepada masyarakat. Pihaknya terus memastikan bahwa kejadian ini tidak memberikan dampak pada masyarakat sekitar kilang.

"Selain itu, monitoring produksi BBM juga kami lakukan untuk memastikan supply ke masyarakat tidak terganggu," ungkap Bayu. 

Bayu juga memastikan bahwa tidak ada korban atas kejadian ini. "Sekali lagi terima kasih kepada seluruh stakeholder atas doa dan dukungan yang diberikan, sehingga kejadian ini dapat segera ditangani dengan maksimal," pungkas Bayu.

Baca juga : Jelang Idul Adha, Pupuk Kaltim Bekali Peternak Binaan Pastikan Hewan Kurban Aman

Tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Polri masih menelusuri sumber api penyebab peristiwa kebakaran kilang tersebut yang terjadi pada Sabtu (25/5/2024) dini hari sekitar pukul 04.25 WITA.

"Sumber api masih ditelusuri dari mana, dan secara teknis tim sedang lakukan investigasi," kata Kepala Polresta (Kapolresta) Balikpapan, Kombes Pol, Anton Firmanto.

Tim inafis sudah berada di tempat kejadian perkara (TKP) untuk mencari tahu penyebab kebakaran di unit distilasi minyak mentah VI PT KPI Unit Balikpapan itu dengan mengumpulkan bukti-bukti yang ada di lapangan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.