Dark/Light Mode

Pertamina Pastikan Pasokan BBM Arus Balik Aman

Sabtu, 13 April 2024 16:23 WIB
SPBU Pertamina. (Foto: Ist)
SPBU Pertamina. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Patra Niaga memastikan pasokan BBM pada arus balik Lebaran 2024.

Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra mengatakan, keandalan layanan saat arus balik sama pentingnya seperti arus mudik. 

“Melihat pergerakan saat arus mudik, kami di lapangan terus siaga memastikan BBM tersedia bagi masyarakat. Berkaca pada arus mudik, tol fungsional Klaten menuju Yogyakarta ini menjadi salah satu jalur yang ramai dimanfaatkan pemudik,” ujar Mars Ega dalam keterangan, Sabtu (13/4/2024).

Baca juga : Pastikan Kelancaran Arus Balik, Gubernur Lampung Cek Pelabuhan Bakauheni

Selain mengantisipasi lonjakan konsumsi BBM, Ega mengatakan, Pertamina Patra Niaga juga menyiagakan dua motorist Pertamina Delivery Service (PDS), satu berada di gate fungsional Banyudono-Boyolali dan satu bersiaga di exit Ngawen-Klaten.

“Terjadi lonjakan konsumsi BBM, sedangkan di tol fungsional ini belum ada akses SPBU, di sinilah manfaat motorist hadir. Saat arus mudik lalu, ada tiga pemudik yang dibantu oleh layanan motoris kami,” ujarnya.

Selain itu, pihak Pertamina Patra Niaga juga melakukan pengecekan di beberapa rest area di wilayah Sragen. Menurut Ega, SPBU di rest area perbatasan seperti Sragen ini sangat strategis karena berada di tengah perjalanan arus balik dari berbagai wilayah di Jawa Timur.

Baca juga : Menhub Minta Semua Unsur Pastikan Arus Balik Berjalan Lancar

“Kami pastikan stok di SPBU rest area tersedia, mobile storage juga masih kami siagakan. Kami imbau pemudik juga terus mengecek BBM-nya dan upayakan selalu terisi penuh ketika bisa mengisi, dan jika darurat butuh BBM di tengah perjalanan, silakan hubungi 135,” ucap Ega.

Pada masa mudik Lebaran 2024, Pertamina mencatat terjadi peningkatan sekitar 39 persen untuk konsumsi BBM gasoline di jalur Sragen menuju Yogyakarta.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan mengatakan, titik tertinggi konsumsi BBM terjadi pada H-1 Idul Fitri 1445 H atau Selasa (9/4/2024) dibanding konsumsi normal, dengan perincian gasoline 46 persen dan avtur 4,8 persen

Baca juga : PHE Pastikan Pasokan Terpenuhi Dukung Distribusi Energi Idul Fitri

Riva menyebut, pada H-1 Idul Fitri 1445 H, konsumsi BBM Pertalite naik 37 persen dan Pertamax juga bertambah hingga 99 persen, sedangkan Pertamax turbo mengalami kenaikan tertinggi karena mencapai angka 104 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.