Dark/Light Mode

Kemenhub Berangkatkan Peserta Balik Gratis Dengan Bus dari 9 Terminal

Senin, 15 April 2024 18:46 WIB
Direktur Angkutan Jalan, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Suharto saat memberangkatkan peserta balik gratis moda bus dari 9 Terminal Tipe A yang tersebar di Provinsi D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Sumatera Selatan, Senin (15/4/2024). (Foto: Dok. Kementerian Perhubungan)
Direktur Angkutan Jalan, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Suharto saat memberangkatkan peserta balik gratis moda bus dari 9 Terminal Tipe A yang tersebar di Provinsi D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Sumatera Selatan, Senin (15/4/2024). (Foto: Dok. Kementerian Perhubungan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dengan akan berakhirnya masa libur lebaran tahun 2024, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat memberangkatkan peserta balik gratis moda bus dari 9 Terminal Tipe A yang tersebar di Provinsi D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Sumatera Selatan, Senin (15/4/2024).

"Balik gratis ini merupakan bagian dari keseluruhan rangkaian kegiatan mudik gratis angkutan jalan tahun 2024/1445 H yang diselenggarakan oleh Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. Pada arus balik diberangkatkan sebanyak 160 bus," ujar Direktur Angkutan Jalan, Suharto dalam keterangannya, Senin (15/4/2024).

Suharto menambahkan, pemberangkatan balik gratis dilaksanakan secara serentak dari Terminal Terminal Bulupitu, Purwokerto; Terminal Mangkang, Semarang; Terminal Giwangan Yogyakarta; Terminal Tirtonandi, Solo; Terminal Giri Adipura, Wonogiri; Terminal Harjamukti, Cirebon; Terminal Purboyo, Madiun; Terminal Bungurasih, Surabaya; dan Terminal Alang-Alang Lebar, Palembang.

Baca juga : KAI Tambah Perjalanan Kereta Yogya-Gambir PP, Tiket Bisa Dipesan Mulai Hari Ini

"Untuk yang pemberangkatan dari Terminal Giwangan Yogyakarta yaitu sebanyak 20 bus dengan kuota penumpang sebanyak 880 orang. Sedangkan sisanya yaitu 140 bus diberangkatkan dari 8 terminal lainnya," ujar Suharto.

Ia menambahkan seluruh bus balik gratis diberangkatkan menuju lima terminal yakni Terminal Jatijajar, Depok; Terminal Pulogebang, Jakarta; Terminal Kampung Rambutan, Jakarta; Terminal Poris Plawad, Tangerang; dan Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Sementara untuk 7 truk arus balik yang mengangkut 210 sepeda motor telah diberangkatkan terlebih dahulu pada Minggu (14/4/2024) menuju Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Baca juga : Kemenhub Minta Polri Tertibkan Travel Bodong Akibat Kecelakaan Tol Japek

"Program ini akan kami evaluasi karena sangat membantu bagi pemudik dengan sepeda motor," ujar Suharto.

Menurutnya, berdasarkan data korlantas polri, terlihat angka kecelakaan pada momen lebaran tahun ini menurun sekitar 12 persen dibandingkan dengan periode lebaran tahun sebelumnya. Itu artinya program seperti ini berperan dalam mengurangi tingkat fatalitas kecelakaan.

Sebagaimana yang diketahui, pada mudik gratis tahun ini Ditjen Perhubungan Darat kuota sebanyak 40.088 orang peserta, naik sekitar 62,33 persen dari kuota tahun sebelumnya 24.368 orang.

Baca juga : Menhub Minta Semua Unsur Pastikan Arus Balik Berjalan Lancar

Ke depan, pihaknya akan mempertimbangkan untuk melanjutkan program mudik dan balik gratis angkutan jalan pada periode selanjutnya dengan penambahan kapasitas atau juga penambahan rute untuk kota tujuan.

"Kami berharap program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan agar bisa merayakan mudik dan selamat sampai kembali di kota perantauan untuk menjalankan aktivitas seperti biasa," pungkas Suharto.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.