Dark/Light Mode

APP Group Serahkan 2 Kendaraan Operasional Ke BBKSDA Riau

Rabu, 29 Mei 2024 09:37 WIB
Penyerahan bantuan dua unit kendaraan dari APP Group ke BBKSDA Riau. (Foto: Ist)
Penyerahan bantuan dua unit kendaraan dari APP Group ke BBKSDA Riau. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - APP Group melalui PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk menyerahkan dua unit kendaraan operasional roda empat kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

Penyerahan bdukungan ini merupakan bagian dari komitmen APP Group dalam rangka mendukung Pemerintah untuk penguatan fungsi pengelolaan kawasan konservasi serta Pelestarian Keanekaragaman Hayati di Provinsi Riau.

Hal ini merupakan bagian dari program kerja sama antara BBKSDA Riau dan APP Group dalam rangka penguatan fungsi kawasan konservasi di Provinsi Riau, meliputi Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Bukit Baling, Suaka Margasatwa Bukit Batu, Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil, Suaka Margasatwa Kerumutan, dan Pusat Latihan Gajah Sebanga.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Terus Tertibkan Operasional SPBE

Kepala BBKSDA Riau, Genman Suhefti Hasibuan mengatakan, rasa terima kasih dan apresiasi atas dukungan berkelanjutan dari APP Group. “Kami berharap kerja sama ini terus berlanjut. Dua unit kendaraan roda empat ini, sangat membantu sebagai sarana pendukung dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi Balai Besar KSDA Riau, demi tercapainya tujuan pengelolaan kawasan konservasi di wilayah kerja kami", ujarnya, Rabu (29/5/2024).

Kendaraan operasional ini merupakan dukungan yang kedua dari APP Group kepada BBKSDA Riau. Sebelumnya, pada 6 Oktober 2023, BBKSDA Riau juga telah menerima dua unit kendaraan roda empat dari APP Group. Inisiatif ini adalah tindak lanjut dari Nota Kesepahaman yang ditandatangani pada Desember 2022 antara APP Group dan Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), mencakup kerjasama untuk penguatan fungsi kawasan konservasi di lima Unit Pelaksana Teknis (UPT), yaitu: BBKSDA Riau, BKSDA Jambi, BKSDA Sumatera Selatan, BKSDA Kalimantan Timur, dan Balai Taman Nasional Berbak & Sembilang.

Sementara itu, Head of Landscape Conservation & Environment APP Group, Jasmine Doloksaribu mengatakan, dukungan ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dan kepedulian APP Group bersama unit usaha dan mitra pemasoknya di Provinsi Riau. “APP Group bersama unit usaha dan mitra pemasok bahan baku kertas di Provinsi Riau, mendukung berbagai program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui BBKSDA Riau sebagai salah satu UPT lingkup KSDAE di Provinsi Riau,” jelasnya.

Baca juga : Pengadilan Tinggi PBB Perintahkan Israel Hentikan Operasi Militer Di Rafah

Tidak hanya dukungan kendaraan operasional, APP juga memberikan dukungan melalui penguatan kelembagaan, peningkatan kapasitas SDM, penyediaan sarana dan prasarana perlindungan dan pengamanan, serta pembangunan gedung pengelola perlindungan dan pengamanan kawasan serta tumbuhan dan satwa liar.

Di tempat terpisah Chief of Sustainability Officer APP Group, Elim Sritaba menambahkan, program kolaborasi ini sejalan dengan Sustainability Roadmap Vision (SRV) 2030 APP, serta komitmen perusahaan untuk terus berperan aktif dalam program perlindungan dan pengamanan kawasan serta konservasi keanekaragaman hayati.

Menurut dia, APP Group berkomitmen melindungi keanekaragaman hayati di lokasi operasional unit usaha dan mitra pemasok kami melalui prinsip koeksistensi dan berupaya menjadi konsesi yang ramah konservasi dengan menyediakan koridor kehidupan liar serta menjalankan upaya mitigasi, perlindungan, dan peningkatan kapasitas.

Baca juga : KTT WWF Ke10 Ditutup, Menteri Basuki Serahkan Bendera Estafet Ke Arab Saudi

“Semoga kendaraan yang diserahterimakan hari ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pelestarian serta penguatan kawasan konservasi dan keanekaragaman hayati, sehingga dukungan dari APP Group ini dapat memberikan dampak positif terhadap upaya konservasi di Provinsi Riau,” terang Elim.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.