Dark/Light Mode

Perluas Bisnis Kargo, Garuda Gandeng Aprindo

Rabu, 5 Juni 2024 12:50 WIB
Maskapai Garuda Indonesia. (Foto: Ist)
Maskapai Garuda Indonesia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Garuda Indonesia melalui lini usaha Aerojasa Cargo memperluas jaringan bisnis kargonya dengan menggandeng Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) pada Senin (3/6/2024) lalu.

Melalui kesepahaman tersebut, Aerojasa Cargo, sebagai bagian dari Garuda Indonesia, dengan brand “KirimAja” akan kerja sama kargo dan logistik serta marketing bersama 600 lebih pengusaha retail lokal dan nasional yang tergabung dalam Aprindo. Dengan  jaringan yang menjangkau lebih dari 48.000 gerai di berbagai wilayah di Indonesia.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, kesepahaman tersebut merupakan salah satu wujud langkah Perusahaan dalam merespons tren serta peluang bisnis angkutan kargo yang menjanjikan. Hal itu, jelasnya, selaras dengan komitmen Garuda untuk mengoptimalkan cargo operations sebagai salah satu pilar utama rencana bisnis Perusahaan di tengah tantangan kompetisi industri aviasi saat ini.

Baca juga : Perkuat Bisnis Di Jatim, Sun Life Indonesia Resmikan KPM Malang WOW

Irfan menambahkan, sinergi tersebut juga merepresentasikan komitmen Garuda, sebagai national flag carrier, untuk turut berakselerasi memberikan kontribusi nyata terhadap geliat ekonomi nasional, khususnya melalui hadirnya layanan logistik yang reliable. Sinergi antara KirimAja dan Aprindo ke depannya akan memungkinkan terbangunnya supply chain yang lebih terintegrasi.

“Sehingga para pelaku usaha retail dapat mengoptimalkan bisnisnya melalui siklus produksi dan distribusi yang lebih efisien, baik dari sisi waktu maupun biaya,” ujar Irfan.

Lebih lanjut, Irfan menjelaskan, layanan KirimAja saat ini menjangkau lebih dari 7.000 kecamatan di Indonesia, dengan jaringan penerbangan domestik dan internasional yang dilayani Garuda Indonesia Group, termasuk rute-rute yang dilayani Garuda Indonesia melalui kerja sama interline dan transhipment. Dengan demikian, sinergi antara KirimAja dan Aprindo tersebut tidak hanya akan mendukung supply chain Aprindo secara nasional, tapi juga menunjang aktivitas ekspor-impor yang dilaksanakannya.

Dengan ragam produk layanan KirimAja, mulai Port-to-port, Sub-console atau Drop Point, hingga Door-to-door, kata Irfan, perusahaan yang tergabung dalam Aprindo beserta seluruh unsur dalam supply chain-nya, termasuk UMKM yang tergabung di dalamnya, dapat terhubung langsung dengan layanan logistik yang dapat mengantar dan menjemput kiriman sampai ke depan pintu.

Baca juga : Tim Garuda Siap Ladeni Irak

“Tidak hanya itu, kerja sama ini tentunya akan turut menunjang aktivitas ekspor-impor yang diharapkan dapat mendukung pengembangan bisnis para anggota Aprindo, serta mengantarkan produk-produk lokal Indonesia untuk go international,” urai Irfan.

Dia optimistis, hadirnya KirimAja sebagai sistem pengiriman terintegrasi yang reliable, dengan jaringan kargo Garuda Indonesia Group, akan semakin meningkatkan potensi bisnis retail di Indonesia. Dan, menggairahkan geliat UMKM sebagai salah satu penggerak utama roda ekonomi bangsa.

Melalui penjajakan kerja sama ini, KirimAja melalui layanan logistik terintegrasinya siap menjadi partner logistik tepercaya untuk aktivitas ekspor maupun impor tersebut bagi pasar Indonesia dan mancanegara sebagai Non-Vessel Operating Common Carrier (NVOCC), dengan dukungan penuh dari jaringan pengiriman kargo Garuda Indonesia Group.

Sementara itu, Ketua Umum Aprindo, Roy Nicholas Mandey mengatakan, melalui layanan logistik yang terintegrasi dan efisien, khususnya melalui penjajakan kerja sama dengan lini usaha Garuda Indonesia Group, para anggota Aprindo akan semakin mudah dan cepat dalam melakukan kegiatan ekspor maupun impornya. Sehingga dapat meningkatkan daya saing produk UMKM Indonesia di mancanegara, untuk naik kelas dari market domestik menjadi market global.

Baca juga : Kembangkan Ekosistem Kripto, Bappebti Gandeng Indodax Cs

"Ini adalah bagian dari upaya kami untuk membuat anggota-anggota kita memiliki tambahan services. Kemudian dari sisi teknologi juga tentunya lebih mumpuni, yang tentunya akan menguntungkan bagi peritel," ujar Roy.

Dengan adanya KirimAja, Aprindo berharap dapat memfasilitasi pengiriman barang-barang yang dapat diekspor. Bukan barang-barang bertonase berat seperti industri manufaktur, baja, dan kelas berat lain. “Industri kami adalah barang-barang UMKM, di mana 80 persen barang yang akan kita ekspor adalah makanan dan minuman," tutup Roy.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.