Dark/Light Mode

Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026

Tim Garuda Siap Ladeni Irak

Rabu, 29 Mei 2024 06:40 WIB
Latihan Timnas Indonesia. (Foto: Istimewa)
Latihan Timnas Indonesia. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia siap memberikan yang terbaik dan mampu meladeni permainan Irak pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 206 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis 6 Juni mendatang.

Hal itu ditegaskan gelandang Timnas Indonesia Thom Haye saat ditemui usai menjalani lati­han perdana di Lapangan ABC, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (28/5/2024).

“Menurut saya mereka (Irak) lawan yang bagus, mereka telah memperlihatkannya. Tapi kami juga telah memperlihatkan pada pertandingan terakhir, sekarang kami memiliki kualitas, dan kami juga pernah bermain melawan mereka. Bagi saya itu suatu keuntungan. Akan terjadi pertarungan, tapi itulah yang kami lakukan, bermain keras dan berjuang,” kata Thom.

Tim Garuda akan memainkan dua pertandingan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026, yakni melawan Irak dan Filipina pada 11 Juni mendatang. Satu kemenangan dari salah satu laga tersebut akan mengamankan tiket Timnas Indonesia menuju putaran ketiga kualifikasi.

Pemain 29 tahun kelahiran Amsterdam itu merasa beruntung dapat tiba di Indonesia lebih awal. Tidak seperti sejumlah pemain lain yang merumput di luar negeri, seperti Jay Idzes maupun Justin Hubner. Dengan tiba lebih awal, dia lebih cepat beradaptasi dengan suhu di Indonesia.

Baca juga : Jorji Melangkah Mulus, Leo Dan Daniel Tersingkir

“(Suhu) ini berbeda dengan yang biasa saya alami. Tapi saya sudah berada di sini be­berapa kali, maka saya sudah terbiasa. Bagi saya juga cukup bagus berada di sini sekarang dan saya siap saat pertandingan dimainkan,” ucap pemain yang pernah berseragam klub Italia, Lecce, tersebut.

Pada musim lalu, Thom ber­main untuk klub Liga Belanda SC Heerenveen, dengan catatan 32 penampilan dan empat gol. Meski memiliki catatan bagus, kontraknya tidak diperpan­jang Heerenveen, dan dia saat ini belum terikat dengan klub manapun.

“Saya tidak meneruskan ber­main untuk Heerenveen. Saya menjalani tahun yang bagus, maka saya siap untuk langkah berikutnya,” tuturnya.

Thom yang sudah pernah melihat fanatisme timnas pun berharap atmosfer serupa dapat kembali disajikan pada dua pertandingan kualifikasi Piala Dunia kontra Irak dan Filipina.

“Pada pertandingan terakhir saat bermain melawan Vietnam saya tidak bisa bermain, tapi saya ada di stadion. Saya melihat atmosfernya, itu sangat bagus. Kami berharap mereka bisa men­dukung untuk dua pertandingan selanjutnya. Bersama-sama kami bisa melakukannya, maka mari saling mendukung dan tampilkan yang terbaik,” jelasnya.

Baca juga : SYL Didakwa Lakukan TPPU Rp 104,5 Miliar

Pada latihan perdana kali ini, empat pemain belum ber­gabung dengan pemusatan lati­han. Keempat pemain yang masih absen itu adalah pemain-pemain yang merumput di luar negeri, yakni Pratama Arhan, Jordi Amat, Jay Idzes dan Justin Hubner.

“Untuk Arhan, karena per­tandingan terakhir di Liga Korea dapat kartu merah dan hari ini baru ada keputusan dia dilarang bermain dua pertandingan atau sama sekali tidak ada sanksi. Bisa saja besok berangkat dari Korea ke Indonesia. Untuk Jordi, akan bergabung 31 Mei,” kata Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY).

“Untuk Jay karena dia masuk final play off (Liga Italia) mung­kin baru akan sampai pada 5 Juni dan untuk 6 Juni. Pertandingan lawan Irak, Jay akan absen. Untuk Justin, akan datang ke Indonesia setelah bermain di Liga Jepang pada 2 Juni,” beber pria asal Korea Selatan itu.

Pada persiapan timnas untuk menghadapi Irak dan Filipina, bek asal Ipswich Town Elkan Baggott tidak bergabung. Saat dikonfirmasi mengenai itu, STY tidak mau memberi informasi lebih jelas dan meminta para pewarta mencari tahu langsung ke pihak sang pemain.

Sebelum menghadapi Irak, Timnas juga akan memainkan pertandingan uji coba melawan Tanzania pada 2 Juni sebagai bagian dari persiapan menuju kualifikasi Piala Dunia.

Baca juga : Mantap Ceraikan Andrew

STY mengaku tidak memiliki target khusus terkait pertandin­gan itu karena lebih difungsikan untuk melihat kondisi para pemain saja.

“Para pemain banyak yang berlibur juga mulai dari liga di Eropa, Liga Indonesia pun sama banyaknya yang beristirahat, pasti performa pertandingan menurun. Memang pas juga pikiran saya dan pikiran PSSI, jadi akhirnya kita ambil pertandingan lawan Tanzania, di luar hasil menang kalah. Tujuannya untuk mengecek kondisi para pemain seperti apa,” tuturnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 29 Mei 2024 dengan judul Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026, Tim Garuda Siap Ladeni Irak

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.