Dark/Light Mode

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

PGN Gelar Aksi Bersih-bersih Di Pantai Teluk Labuan

Minggu, 9 Juni 2024 21:20 WIB
Aksi bersih-bersih PGN di Pantai Teluk Labuan. (Foto: Ist)
Aksi bersih-bersih PGN di Pantai Teluk Labuan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas PT Pertamina (Persero), mengumpulkan ratusan kilogram sampah pada kegiatan Coastal Clean Up (CCU) atau aksi bersih pantai di Pantai Teluk Labuan, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 bertema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”. PGN lakukan aksi peduli lingkungan dengan program menjaga kebersihan dan kelestarian di Pantai Teluk berkolaborasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pemerintah Provinsi Banten serta Pemerintah Daerah Pandeglang.

Baca juga : Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Warga Ikut Aksi Bersih Di Pantai Labuan

Kegiatan CCU ini dihadiri kurang lebih 426 peserta dari berbagai unsur ASN, TNI, POLRI, pelajar mahasiswa, komunikasi lingkungan, masyarakat serta pekerja PGN. Sejak 5-7 Juni 2024, pembersihan pantai menggunakan dua unit alat berat dan 10 armada pengangkut sampah, bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupatena Pandeglang.

“Kegiatan bersih pantai di Pantai Teluk Labuan sebagai momentum bagi PGN bersama stakeholder dan masyarakat melakukan aksi bersama menjaga kebersihan lingkungan. Dengan menjaga kebersihan serta kelestarian di garis pantai, maka kita ikut membantu untuk melestarikan ekosistem di lautan dan meminimalisir pencemaran lingkungan sekitarnya,” ujar Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PGN, Rachmat Hutama, Minggu (9/6/2024).

Baca juga : PPLI Ajak Manfaatkan Teknologi Ramah Lingkungan Dan Restorasi Lahan

Sebagai Subholding Gas Pertamina, PGN ingin merealisasikan aspek Environmental, Social, dan Government (ESG) pada berbagai kegiatan, sekaligus membaur dengan masyarakat sekitar agar dapat memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat.

“Semoga PGN dapat terus konsisten dalam meningkatkan kesadaran dan menyelanggarakan kegiatan yang peduli lingkungan secara rutin dan berkelanjutan,” ujar Rachmat.

Baca juga : Hari Lingkungan Hidup Sedunia, BRI Pulihkan Ekosistem Melalui Program BRI Menanam - Grow & Green

Pantai Teluk Labuan memiliki historis terkait pengelolaan sampah, PGN ikut tergerak untuk berkegiatan membersihkan sampah di sana. Dengan kondisi pantai yang bersih, diharapkan dapat semakin menghidupkan wisata pantai serta kuliner laut yang berada di sekitar pantai. Keadaan tersebut juga akan membantu meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat melalui hidupnya pariwisata di Pantai Teluk Labuan. Selain itu, kegiatan ini untuk mengurangi pencemaran yang diakibatkan oleh sampah organik dan non organik.

Melalui kegiatan bersih pantai ini, diharapkan dapat menjadi aksi yang bisa menggugah kesadaran semua pihak untuk senantiasa menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampai di pantai maupun sungai yang bermuara di lautan, dan lebih menghargai keindahan pantai. Sinergi dengan pemerintah juga penting agar menghasilkan solusi dalam mengatasi permasalahan pengelolaan sampah di pantai.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.