Dark/Light Mode

Indonesia Miner 2024 Sukses Kumpulkan 1.500 Delegasi untuk Berkolaborasi Bahas

Jumat, 14 Juni 2024 22:53 WIB
Perhelatan Indonesia Miner 2024. (Foto: Istimewa)
Perhelatan Indonesia Miner 2024. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perhelatan Indonesia Miner 2024 telah sukses dilangsungkan selama 3 hari pada 4-6 Juni 2024 di Jakarta. Acara dihadiri oleh lebih dari 1.500 delegasi, yang kembali mencatat kesuksesan melebihi pencapaian tahun-tahun sebelumnya.

Indonesia Miner tahun ini juga mencatatkan kesuksesan dalam hal diversifikasi acara. Mengangkat topik-topik seperti Emas, Tembaga dan Mineral Lainnya, Nikel & Baterai EV, serta Batubara & Transisi Energi, selain dari konferensi dan pameran, Indonesia Miner juga menghadirkan fitur-fitur diskusi yang mendalam seperti Workshop dan Miners Talk. Fitur Face of Indonesia Miner juga menjadi fitur menarik yang merayakan pencapaian figur-figur inspiratif di industri pertambangan.

Managing Director of Indonesia Miner, Dimas Abdillah menyampaikan, selain melihat peningkatan jumlah delegasi dan pendukung acara lainnya, pihaknya juga mengamati peningkatan kolaborasi antar partisipan.

"Kami berhasil menjadi platform yang mengumpulkan perusahaan pemilik situs tambang, penyedia jasa, dan institusi pemerintahan. Hal ini memastikan bahwa diskusi dan gagasan yang muncul di acara kami akan terus berlanjut dan akhirnya menjadi solusi sinergis dari berbagai pihak untuk mencapai kemajuan industri pertambangan,” ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (14/6).

Baca juga : Kemala Run 2024 Sukses Digelar, GulaVit Beri Ucapan Selamat

Sebagai sebuah acara yang dirancang untuk memberikan wawasan mendalam dan berbagi pengalaman praktis di industri pertambangan, Indonesia Miner bekerja sama dengan sejumlah perusahaan besar sebagai sponsor utamanya. Di antara mereka adalah Thiess, Coolon, Metso, dan Nickel Industries. Para sponsor ini memiliki visi industri yang sejalan dan berbagi strategi bagaimana perusahaan mereka dapat berkontribusi pada keberlanjutan industri yang handal dan berkelanjutan, di dalam bidang bisnis masing-masing. Teknologi inovatif dan pandangan jangka panjang perusahaan-perusahaan ini disampaikan dengan antusias oleh para perwakilan mereka.

Manager Technical Services Indonesia of Thiess, Wedya Anindya Pratyaksa menyampaikan, melalui platform Indonesia Miner minggu lalu, pihaknya membahas teknologi baru yang membuat operasi pertambangan lebih aman, efisien, dan berkelanjutan.

"Para delegasi antusias dengan paparan kami tentang bagaimana teknologi ini bisa memenuhi kebutuhan mineral dan energi yang meningkat, sekaligus mengurangi dampak lingkungan, sesuai dengan tujuan nol emisi. Dengan pemahaman bersama tentang teknologi ini, kami berharap bisa menemukan solusi terbaik untuk tantangan di sektor pertambangan menuju keberlanjutan,” ucapnya.

Product Development Manager of Coolon, Andrew Orkin menanggapi, dalam acara Indonesia Miner, pihaknya menghadirkan gagasan bahwa teknologi seperti konvergensi IoT di pertambangan modern tidak hanya membawa perubahan, tetapi juga membuka pintu untuk kolaborasi yang lebih dalam dan efisiensi yang lebih besar dalam industri pertambangan. "Kami sangat bersemangat melihat antusiasme para pengunjung minggu lalu yang turut mengamini pandangan kami mengenai hal ini," ucapnya.

Baca juga : Askrindo PAUD Indonesia Awards 2024 Apresiasi Guru PAUD Berprestasi

Hannu Laitala, Chief Metallurgist - Hydrometallurgy of Metso Finland Oy, turut menyampaikan, akselerasi perkembangan industri baterai menjadi semakin penting di era energi terbarukan ini. "Kami melihat bahwa para delegasi Indonesia Miner juga menyadari potensi ini. Oleh karena itu, dalam acara minggu lalu, kami memperkenalkan inovasi alur proses pada solvent extraction yang kami percaya dapat membuka jalan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi," ucapnya.

Head of Sustainability for Nickel Industries Limited, Muchtazar, mendukung acara Indonesia Miner. Kata dia, perjalanan menuju industri nikel yang berkelanjutan memang tidaklah mudah.

"Namun, dengan sinergi dan kolaborasi, kita dapat menghadapinya dengan lebih strategis, bahkan menemukan peluang untuk berkembang lebih jauh. Acara seperti Indonesia Miner adalah salah satu wadahnya, di mana pelaku industri dapat berdiskusi, menyatukan visi, dan menciptakan solusi terbaik bersama,” ucapnya.

Dukungan yang diberikan oleh para sponsor serta partisipasi aktif dari delegasi telah menjadikan acara ini sebagai platform yang berharga bagi pertukaran gagasan dan kolaborasi di industri pertambangan.

Baca juga : Sering Hilang Fokus, Ester Ditekuk Wang Zhi Yi

Berbagai inovasi yang dipresentasikan juga telah memberikan kontribusi yang berarti bagi kemajuan industri ini. Harapannya semangat kerja sama dan momentum positif yang tercipta selama acara ini dapat terus berlanjut, dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi perkembangan industri pertambangan di Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.