Dark/Light Mode

Tingkatkan Layanan, KALOG Express Beroperasi Tiap Hari

Sabtu, 13 Juli 2024 20:51 WIB
KAI Logistik melalui KALOG Express makin fokus pada layanan logistik dengan meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. (Foto: Dok. KAI Logistik)
KAI Logistik melalui KALOG Express makin fokus pada layanan logistik dengan meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. (Foto: Dok. KAI Logistik)

RM.id  Rakyat Merdeka - KAI Logistik melalui KALOG Express makin fokus pada layanan logistik berskala kecil. Anak usaha apat Kereta Api Indonesia (Persero) ini kian meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, salah satunya melalui penambahan jadwal operasional pengiriman barang menggunakan moda kereta api (KA) yang beroperasi pada hari Minggu.

Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama KAI Logistik Fredi Firmansyah mengatakan, mulai tanggal 14 Juli 2024, KALOG Express siap melayani pengiriman barang setiap hari, tak terkecuali hari Minggu.

"Perubahan pola operasi ini, merupakan salah satu langkah strategis kami dalam pengembangan bisnis retail, khususnya melalui segmen KALOG Express," ujar Fredi, melalui siaran pers, Sabtu (13/7/2024).

Fredi berharap, melalui strategi ini dapat mempercepat proses layanan pengiriman barang dan meningkatkan kepuasan pelanggan setia KALOG Express.

Ia memahami, bahwa kelancaran proses distribusi barang merupakan hal yang krusial dalam industri logistik dan menentukan performa logistik.

Baca juga : Operasional Haji di Makkah Berakhir, Layanan Kini Terkonsentrasi di Madinah

Menurutnya lonjakan permintaan pengiriman barang yang terjadi pada Sabtu dan Minggu, merupakan momentum yang perlu dimanfaatkan dengan baik dan memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan dalam menggunakan layanan KALOG Express.

Untuk itu, pihaknya juga bersinergi dengan induk perusahaan, yaitu PT KAI guna penuhi permintaan pelanggan untuk dapat melakukan proses pelayanan pengiriman barang pada hari Minggu.

"Langkah ini dilakukan melalui penambahaan jadwal operasional dengan moda KA yang beroperasi dengan mengaktifkan berbagai relasi KA," jelas Fredi.

Ia merinci, relasi KA yang dimaksud di antaranya KA Majapahit yang melintasi Jakarta, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang,  Solo, Sragen, Ngawi, Madiun, Nganjuk, Kertosono, Kediri, Tulungagung, Blitar, Wlingi, Kepanjen, Malang (Perjalanan Pulang Pergi/PP).

Lalu, KA Malabar yang melintasi Bandung, Leles, Cipendeuy, Tasikmalaya, Banjar, Sidoarjo, kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Yogyakarta, Klaten, Solo, Ngawi, Madiun, Nganjuk, Kertosono, Kediri, Tulungagung, Blitar, Wlingi, Kepanjeng dan Malang (Perjalanan PP).

Baca juga : Petugas Kesehatan Layani Jemaah Hingga Operasional Haji Berakhir

Selanjutnya, KA Sri Tanjung melintasi Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Sragen, Ngawi, Madiun, Nganjuk,  Kertosono, Jombang, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Tanggul, Rambipuji, Jember, Kalisat, Kalistail, Rogojampi, Banyuwangi dan Ketapang (Perjalanan PP).

Fredi menilai, dukungan dari induk perusahaan ini merupakan langkah strategis bagi KAI Logistik untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan pelanggan agar barang dapat lebih cepat sampai ke tujuan.

"Dengan pengoptimalan waktu operasional layanan KALOG Express, diharapkan dapat mendongkrak pendapatan harian khususnya pada hari minggu sebesar 40 persen dibandingkan saat sebelum beroperasi," ungkap Fredi.

Ia menambahkan, dengan pola operasi ini, service point KALOG Express kini telah dapat melayani pengiriman paket pada hari Minggu, yang sebelumnya hanya melayani pengambilan, maupun penerimaan paket yang akan dikirimkan pada hari kerja berikutnya.

Hal ini karena belum tersedianya operasional KA pada hari Minggu. Kini, penyempurnaan layanan ini juga menghidupkan tagline ‘KAI Logistik ispossible’, yaitu dengan KAI Logistik semuanya menjadi mungkin.

Baca juga : 2 Tahun Berjalan, Menag Apresiasi Capaian MOOC Pintar

Hal ini juga memastikan terwujudnya kebutuhan dan harapan pelanggan dengan tetap memperhatikan kenyamanan pelayanan. Bahkan, pengoptimalan operasional ini merupakan langkah awal perusahaan untuk terus melakukan perbaikan layanan.

Fredi mengatakan, pihaknya juga berkomitmen, untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan.

"Dalam waktu dekat, perseroan juga akan memperluas jaringan distribusi dengan optimalisasi moda lain untuk melengkapi rute atau tujuan lain, yang belum terlayani melalui moda KA yang tersedia," pungkas Fredi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.