Dark/Light Mode

Top! Bandara Hang Nadim Berikan Pelayanan Maksimal Bagi Jemaah Haji

Selasa, 28 Mei 2024 22:31 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Vice President Bandara Hang Nadim Batam Bambang Soepriono memastikan PT Bandara Internasional Batam (BIB) sebagai pengelola Bandara Internasional Hang Nadim telah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung operasional penerbangan haji.

Bahkan, untuk memberikan kenyamanan dan keamanan, PT BIB membuat skenario, yakni pemeriksaan keamanan, dan keimigrasian dilakukan di Asrama Haji Batam.

"Memang kami buat senyaman mungkin bagi para calon jemaah haji embarkasi Batam. Kami buat ruang tunggu khusus bagi calon jemaah haji di A9 agar tidak bercampur dengan penumpang lainnya," kata Bambang saat mengikuti prosesi pelepasan kloter 16 di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Selasa (28/5/2024).

Baca juga : Aplikasi Kawal Haji Dirilis Kemenag, Ini Manfaat bagi Jemaah dan Petugas

Menurut Bambang, di musim haji tahun ini ada peningkatan 4 persen dibandingkan tahun lalu.

Jadi, fasilitas mulai dari asrama, bus menuju bandara, hingga pada saat antri naik pesawat diupayakan memberikan kenyamanan bagi para calon jemaah haji.

Dari hasil pantauan Rakyat Merdeka, kloter 16 total ada 450 calon jemaah haji yang berangkat.

Baca juga : Eksepsi Diterima, Hakim Perintahkan KPK Bebaskan Gazalba Saleh

Mulai dari kedatangan calon jemaah haji berangkat dari asrama ke bandara hingga naik pesawat, kurang lebih prosesnya memakan waktu 30 menit.

Bambang juga memastikan tingkat ketepatan waktu maskapai atau on time performance (OTP) mencapai 100 persen.

"Kalaupun ada delay paling hanya 3 menit," ungkapnya.

Baca juga : Hadirkan Rasa Aman ke Jemaah Haji, PPIH Siapkan 9 Pos Petugas

Adapun, jenis pesawat yang digunakan dalam angkutan udara jemaah haji dari Batam ke Madinah atau Jeddah adalah Saudi Airlines Boing 747 dengan kapasitas 465 seat.

"Di Bandara Hang Nadim sangat akomodatif terhadap para haji lansia. Mereka selalu kami dahulukan dalam pelayanan, mulai berangkat dari asrama haji hingga naik pesawat selalu dilayani dengan sangat baik," ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.