Dark/Light Mode

Titan Roti 88 Sukses Berkat Digitalisasi Indibiz-Moka Pos

Senin, 22 Juli 2024 20:16 WIB
Komisaris Telkom Wawan Iriawan, Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko, EVP Telkom Regional 2 Edie Kurniawan saat menyerahkan bantuan kepada tim Titan Roti 88. Foto: Istimewa
Komisaris Telkom Wawan Iriawan, Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko, EVP Telkom Regional 2 Edie Kurniawan saat menyerahkan bantuan kepada tim Titan Roti 88. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Industri Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia dituntut bertransformasi digital agar tidak kalah saing. UKM dari semua sektor bisnis, tak terkecuali segmen kuliner, harus memanfaatkan perkembangan teknologi untuk bisa jadi pemenang di tengah sengitnya persaingan usaha.

Telkom Indonesia melalui ekosistem solusi digital dunia usahanya Indibiz, berkomitmen penuh memberdayakan UKM nasional.

Salah satu contohnya adalah dengan memanfaatkan salah satu produk dari Indibiz yakni Moka Point of Sale (Moka Pos) yang bisa meningkatkan efisiensi operasional usaha secara signifikan melalui program “UKM Naik Kelas”.

Siti Hamidah, pemilik Titan Roti 88 yang berlokasi di kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan, merupakan salah satu pelaku usaha yang merasakan manfaat positif dari program ini.

Baca juga : Ini Langkah BRI Perkuat Keamanan Digital dari Serangan Siber

Melalui Indibiz-Moka Pos, berbagai data operasional dari berbagai outlet seperti inventarisasi dan analisis internal perusahaan dapat dengan mudah dipantau secara akurat dan real time.

Fitur-fitur ini dinilai sangat membantu pelaku usaha dalam pengambilan keputusan strategis bisnis yang efisien dan tepat sasaran dalam menjalankan bisnis mereka.

Kini, Siti Hamidah bisa membuka lapangan kerja untuk sembilan karyawan laki-laki dan 15 karyawan perempuan.

"Moka POS memberikan kemudahan dalam melacak penjualan dan inventaris, serta mendapatkan feedback dari pelanggan. Ini sangat membantu kami dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan kami," ujar Siti Hamidah.

Baca juga : Airlangga Dorong Koperasi Gaet Generasi Muda Dan Digitalisasi Di Era Disrupsi

Lebih merinci, Indibiz-Moka POS menawarkan solusi lengkap offline-to-online (O2O) melalui aplikasi point-of-sale (POS) atau kasir digital berbasis cloud.

Solusi ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan semua skala jenis usaha, mulai dari UMKM hingga bisnis besar. Dengan Indibiz-Moka Pos, pelaku usaha dapat mengintegrasikan operasional offline mereka dengan platform online sehingga memungkinkan mereka untuk menjangkau lebih banyak pelanggan yang berujung pada peningkatkan pendapatan.

Selain itu, Indibiz-Moka Pos juga menyediakan fitur analisis penjualan inklusif yang memungkinkan pelaku usaha untuk memahami trend penjualan, kinerja produk, dan preferensi pelanggan. Dengan informasi ini, semua langkah strategis perusahaan dilakukan berdasarkan data yang valid.

Salah satu contoh kecil output positif nyata dirasakan adalah meminimalisirkan risiko kekurangan atau kelebihan stok sehingga terhindar dari beban usaha yang sia-sia. Langkah digitalisasi seperti inilah yang sangat diperlukan bagi pelaku usaha agar tetap kompetitif.

Baca juga : BDDC Resmikan JST1 Pusat Data Tier IV Untuk Kuatkan Digitalisasi

Dengan komitmen untuk terus berinovasi dan memberikan layanan terbaik, Indibiz siap mendukung pertumbuhan bisnis UKM di Indonesia.

Melalui kemitraan yang kuat dengan pelaku usaha seperti yang terjalin dengan Titan Roti 88, Indibiz terus membuktikan bahwa teknologi menjadi instrumen penting bagi pelaku usaha yang membawa mereka menuju sukses di era digital ini. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.