Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

ASI 2019 Wujudkan Pengembangan Bandara 4.0 di Indonesia

Rabu, 4 Desember 2019 22:09 WIB
Dirjen Perhubungan Udara  Polana Banuningsih Pramesti saat membuka Airport Solution Indonesia (ASI) 2019, di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (4/12). (Foto: Istimewa)
Dirjen Perhubungan Udara Polana Banuningsih Pramesti saat membuka Airport Solution Indonesia (ASI) 2019, di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (4/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemajuan transportasi udara menjadi salah satu tolok ukur pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Arus lalu lintas penerbangan, penumpang, dan barang yang semakin padat dan kompleks memerlukan sentuhan teknologi seiring dengan implementasi revolusi industri 4.0 di berbagai sektor industri. 

Berangkat dari tuntutan itu, Tarsus Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang media, pameran, dan konferensi, bekerja sama dengan Ikatan Ahli Bandara Indonesia (IABI) menggelar pameran dan konferensi terkait infrastruktur bandara yaitu Airport Solution Indonesia (ASI) 2019, di Jakarta Convention Center (JCC). Acara digelar selama dua hari, Rabu dan Kamis (4 dan 5 Desember 2019). Acara ini mengangkat tema “Implementation of Airport 4.0”. 

Baca juga : Hari Pertama SEA Games 2019, Renang Sumbang 3 Medali Untuk Indonesia

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Dirjen Perhubungan Udara (Hubla), Polana Banuningsih Pramesti, mengungkapkan bahwa untuk mewujudkan pelayanan transportasi udara yang selamat, aman, dan nyaman, diperlukan sarana dan prasarana serta fasilitas penunjang transportasi udara yang memenuhi standar. Tentunya juga disesuaikan dengan perkembangan teknologi yang sudah memasuki revolusi Industri 4.0. 

Budi Karya menyatakan, Kementerian Perhubungan mendukung penyelenggaraan ASI 2019. “Melalui kegiatan ini diharapkan tiap stakeholde memetakan ekosistem transportasi udara berperan aktif guna menjaring ide dan inovasi serta memetakan potensi dan hambatan guna mewujudkan implementasi Airport 4.0 (Smart Airport),” ucapnya. 

Baca juga : Hari Pertama, Tujuh Perenang Indonesia Lolos Ke Final

ASI 2019 dirancang khusus sebagai salah satu platform yang menyediakan beragam solusi inovatif dalam industri penerbangan dan kebandarudaraan. ASI 2019 menghadirkan beragam produk dan teknologi terbaru untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan serta kepuasan pelanggan bandara udara. 

Acara ini dihadiri berbagai elemen industri penerbangan dan kebandarudaraan, baik pemerintah, otoritas penerbangan, operator bandara, dan stakeholder terkait lainnya. Penyelenggaraan ASI 2019 menyajikan beragam fasilitas yang dibutuhkan untuk mengakomodir seluruh rantai bisnis industri airport solutions yang menghubungkan suplier dengan para pemangku kepentingan industri utama dan para pengambil keputusan, serta mempelajari beragam permasalahan industri penerbangan dan kebandarudaraan, sekaligus menemukan solus dalam program konferensi yang inovatif. 

Baca juga : SEA Games 2019 : Cuaca Buruk Batalkan Pertandingan Tenis

Ketua Umum IABI yang juga Ketua Steering Committee ASI 2019, Moh Ikhsan Tatang, memaparkan, sebagai acara tahunan, ASI bertujuan utuk menjadi forum diskusi dalam mempercepat pengembagan bandara di seluruh Indonesia. “Sesuai dengan latar belakang kebijakan pemerintah dalam mengembangan industri dan infrastruktur bandara di Indonesia, forum kembali menghadirkan upaya perencanaan strategis dari para pengambil keputusan di sektor publik, termasu mendengarkan praktik terbaik Indonesa dan solusi inovasi darip ara pemipin sektor stasta terkeuka tentang permintaan pasar untuk mendukung pertubuhan ekonomi di industrei terkait,” ucapnya. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.