Dark/Light Mode

Jaga Lingkungan

Pupuk Kaltim Pertahankan Proper Emas Tiga Tahun Berturut-turut

Kamis, 9 Januari 2020 13:48 WIB
Wakil Presiden Ma`ruf Amin menyerahkan Penghargaan Proper Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK) kepada Direktur Utama Pupuk Kaltim Bakir Pasaman di Istana Wakil Presiden di Jakarta, (8/01/2020)
Wakil Presiden Ma`ruf Amin menyerahkan Penghargaan Proper Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK) kepada Direktur Utama Pupuk Kaltim Bakir Pasaman di Istana Wakil Presiden di Jakarta, (8/01/2020)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pupuk Kaltim kembali meraih Proper Nasional peringkat Emas untuk ketiga kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Penghargaan diserahkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, kepada Direktur Utama Pupuk Kaltim Bakir Pasaman di Istana Wakil Presiden di Jakarta, (8/01/2020).

Pupuk Kaltim dinilai memiliki perhatian tinggi terhadap perbaikan lingkungan dan ekosistem dalam menjalankan aktivitas bisnis di lingkungan Perusahaan.

Dalam kinerja lingkungan, Pupuk Kaltim telah melakukan penghematan energi dari beragam program inovasi, reduksi gas rumah kaca, reduksi timbulan limbah, penghematan air, kontribusi terhadap keanekaragaman hayati, diantaranya reintroduksi anggrek hitam sebagai tanaman endemik Kalimantan, pembibitan jenis tanaman langka, konservasi rusa sambar hingga penanaman mangrove dan penurunan terumbu buatan secara rutin setiap tahun. 

Pupuk Kaltim juga secara konsisten meningkatkan pemberdayaan masyarakat, khususnya dukungan terhadap pencapaian 17 indikator tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) dengan hasil signifikan. 

Baca juga : PJB Pemilik PROPER Emas Terbanyak Di PLN Grup

“Penghargaan ini merupakan bukti komitmen Pupuk Kaltim yang terus peduli terhadap lingkungan dan masyarakat dengan mengedepankan aspek continuous improvement dan inovasi di segala bidang, khususnya dalam pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Creating Shared Value (CSV) melalui penerapan Beyond Compliance Programs," kata Dirut Pupuk Kaltim Bakir Pasaman dalam rilis yang diterima RMco, Kamis (9/1/2020).

Program unggulan yang mendapat Proper Emas yakni program CSR Kampung Aren Berdaya Ramah Difabel.

Ini merupakan pengembangan dari program Inkubator Bisnis (Inbis) Permata Bunda, yaitu kawasan inovasi sosial yang berisi 10 program pemberdayaan anak berkebutuhan khusus (ABK) melibatkan masyarakat, dengan tagline “Menciptakan Inklusi dari Kampung Sendiri”. 

"Tujuan akhir dari program ini agar Anak Berkebutuhan Khusus mampu berdaya secara mandiri, bisa berkarya atas potensi diri, tidak bergantung pada orang lain dan dapat memberdayakan lingkungan sekitarnya," tutur Bakir.

Selain itu, pada program Better Living in Malahing juga memberikan wajah baru untuk masyarakat pesisir Bontang, yang kerap diasosiasikan sebagai masyarakat kumuh dan tertinggal.

Baca juga : Berhasil Kelola Lingkungan, Pertagas Sabet Proper Emas Dari KLHK

Program pemberdayaan serta perbaikan pola pikir masyarakat pesisir Malahing fokus pada 5 (lima) aspek, yaitu ekonomi, lingkungan, pendidikan, kesehatan dan perbaikan infrastruktur. 

Program ini juga telah meraih penghargaan Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) kategori Social Empowerment, pada ajang The International CSR Summit (ICS) 2019, di Hilton Taipei Sinban Taiwan pada 2019.

Disebutkan, secara berkesinambungan, Pupuk Kaltim juga memberdayakan nelayan dan masyarakat pesisir melalui program CSV, yaitu Budidaya Ikan Kerapu dan Lobster dalam Keramba Jaring Apung (KJA).

Upaya ini sebagai langkah strategis dalam meningkatkan perekonomian nelayan Bontang, dalam memaksimalkan potensi perikanan melalui budidaya. Program KJA bekerjasama dengan Koperasi Nelayan Bontang ETA Maritim (Kopnel BEM), yang saat ini telah dilakukan replikasi di dua lokasi kota Bontang.

Bakir menegaskan, Pupuk Kaltim dari tahun ke tahun dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja Perusahaan dengan kondisi yang sangat baik, serta mengedepankan konsep 3P ataupun melebihi target yang ditetapkan oleh Stakeholder. 

Baca juga : 434 Sekolah Raih Penghargaan Adiwiyata Tahun 2019

Hal ini kata dia, dibuktikan dengan pencapaian kategori Industry Leader dalam penilaian Baldrige Excellence Framework (BEF) yang skornya terus meningkat mencapai 692 pada 2019 dan kategori World Class dari Asia Pacific Quality Organization (APQO). 

Pupuk Kaltim juga telah menerima berbagai penghargaan yang reputable antara lain, SNI Award/National Quality Award Platinum dan Grand Platinum dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) secara berturut-turut sejak 2016 hingga saat ini.

Berbagai penghargaan dari International Fertilizer Association (IFA) pada bidang Product Excellence (2017), SHE (2018) dan Industry Excellence (2019), dan penghargaan nasional hingga internasional di bidang Inovasi dan CSR serta meraih penghargaan The Most Trusted Companies dalam bidang GCG. 

“Penghargaan Proper Nasional peringkat Emas menunjukkan konsistensi Pupuk Kaltim dalam menjalankan proses produksi maupun jasa, dengan melaksanakan bisnis yang beretika dan bertanggungjawab kepada masyarakat,” kata Bakir Pasaman. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.