Dark/Light Mode

Pelindo III Gelar Ajang Inovasi Teknologi

Senin, 3 Februari 2020 21:04 WIB
Acara ajang Inovasi teknologi Pelindo III. (Foto: ist)
Acara ajang Inovasi teknologi Pelindo III. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelindo III menggali inovasi di bidang kepelabuhanan melalui ajang adu kreativitas dan inovasi, Inno Reactivation.

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung mengatakan, pelayanan berbasis teknologi kini terus digenjot. Hal ini dilakukan agar bermanfaat untuk internal Pelindo III tapi yang terpenting adalah menghadirkan layanan yang bisa dirasakan langsung untuk eksternal perusahaan, terutama pengguna jasa.

"Perkembangan zaman menghadirkan berbagai inovasi pelayanan berbasis teknologi dan informasi. Hal yang paling penting adalah pengguna jasa bisa merasakan langsung kemudahan pelayanan yang lebih cepat dan efisien. Hal ini secara tidak langsung juga berkontribusi pada peningkatan ekonomi Indonesia," katanya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (3/2).

Baca juga : Pelindo III Klaim Pelayanan Sandar Pelabuhan Makin Cepat

Berbagai inovasi teknologi yang dihasilkan diantaranya layanan digitalisasi proses meeting, perencanaan tambat dan bongkar muat secara online (meeting online), layanan informasi ketersediaan tambatan kapal di terminal Pelindo III (magic berthing).

Selain itu aplikasi pendaftaran online dan informasi waktu tunggu pelayanan dokter, farmasi dan estimasi biaya di PHC (Track & Flow PHC), hingga aplikasi mobile terminal yang membantu pengguna jasa untuk mendapatkan informasi dan bertransaksi secara online (Libas).

Menurutnya, ajang Inno Reactivation akan terus digelar oleh Pelindo III guna terus menggali ide dan inovasi layanan. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna jasa menikmati fasilitas sekaligus meningkatkan pendapatan perusahaan.

Baca juga : Tingkatkan Produksi Kedelai, Kementan Maksimalkan Teknologi Balitbangtan

"Apalagi, Pelindo III ke depan memiliki visi menjadi smart port dengan berbagai layanan berbasis teknologi dan informasi,” ujarnya.

Ketua DPW Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Jawa Timur, Hengky Pratoko, mengatakan, berbagai inovasi pelayanan yang sudah dihadirkan Pelindo III bagi para pengguna jasa tentunya akan membuat proses kegiatan kepelabuhanan lebih efisien, cepat, dan mudah.

"Beberapa inovasi yang berbasis teknologi dan informasi sehingga semua proses kepelabuhanan yang kami ajukan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja hanya dengan smartphone," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.