Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pelindo III Klaim Pelayanan Sandar Pelabuhan Makin Cepat

Sabtu, 1 Februari 2020 23:12 WIB
ilustrasi pelabuhan Pelindo III. (Foto: ist)
ilustrasi pelabuhan Pelindo III. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelindo III mengklaim pelayanan sandar kapal di pelabuhan makin cepat dan efisien. Hal ini terjadi karena adanya aplikasi Vessel Administration System and Automation (VASA).

Aplikasi ini merupakan program pelayanan kapal yang mengakomodir pencatatan perencanaan, realisasi, dan administrasi pelayanan kapal secara tepat dan tepat sesuai dengan standar prosedur operasi di wilayah kerja Pelindo III.

Direktur Utama PT Pelindo III, Doso Agung mengatakan, aplikasi VASA ini diluncurkan untuk membuat standardisasi proses layanan kapal di seluruh pelabuhan di wilayah kerja Pelindo III. Menurutnya, proses perencanaan sandar kapal yang akan disusun oleh pengguna jasa lebih mudah. Hal ini berdampak langsung pada efisiensi waktu dan biaya proses sandar hingga bongkar muat kapal.

Baca juga : Menkes Pastikan Ratusan WNI dari Wuhan Sehat

Bukan itu saja, aplikasi ini juga menyediakan berbagai layanan seperti Planner Modul yang berfungsi untuk menstimulasikan bagaimana planner (khususnya tambatan) dapat melakukan perencanaan ploting tambatan dan penjadwalan kapal yang akan digantikan serta Real Time Monitoring untuk melakukan kontrol secara langsung kegiatan dengan data real time yang ada di dalam VASA.

"Aplikasi VASA sudah terintegrasi langsung dengan layanan Terminal Operating System (TOS) barang dan petikemas serta portal customer punya kita yang telah beroperasi sebelumnya. Jadi memudahkan pengguna jasa. Bisa melakukan perencanaan atau planner panjang masa tambat kapal," katanya dalam keterangan resminya, Sabtu (1/2).

Doso Agung menjelaskan, aplikasi VASA juga telah diintegrasikan dengan SAP laporan sehingga bisa dibuat dengan cepat dan bisa tercapai one day billing. "Yang juga memberi manfaat, aplikasi ini terkoneksi dengan Automatic Identification System (AIS) sehingga kita bisa mendeteksi kapal yang ada di area pelabuhan," jelasnya.

Baca juga : Lolos Final, Kenin Tumbangkan Andalan Tuan Rumah

Dirinya menilai, layanan ini juga merupakan bukti kesiapan Pelindo III membangun sistem pelayanan dengan baik dan memiliki database mumpuni sehingga siap menjadi terdepan dalam pelayanan di bidang operasi kepelabuhanan di Indonesia

PT Anugerah Pasific Jaya, salah satu pengguna jasa Pelindo III yang menggunakan VASA dalam kegiatan pelayarannya mengatakan, aplikasi VASA memudahkan pihaknya dalam mengatur dan merencanakan proses tambatan dan sandar hingga bongkar muat. Apalagi dengan VASA hampir sebagian proses pengajuan sandar bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja hanya melalui ponsel.

“VASA lebih memudahkan kita sebagai pengguna jasa di Pelindo III di mana semua rencana dan monitoring kegiatan sandar dan bongkar muat bisa kita lakukan di mana saja dan cukup menggunakan smartphone. Ini membuat lebih efisien dari sisi waktu dan tenaga kami. Selain itu, koordinasi juga lebih mudah karena semua dilakukan menggunakan sistem," kata Sulton, pegawai PT Anugerah Pasific Jaya. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.