Dark/Light Mode

Mentan Pastikan Kebutuhan Pokok 2020 Aman dan Terkendali

Senin, 3 Februari 2020 21:38 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kiri), mengunjungi Pasar Senen, Jakarta, Senin (3/2). (Foto: Humas Kementan)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kiri), mengunjungi Pasar Senen, Jakarta, Senin (3/2). (Foto: Humas Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, memastikan kebutuhan pokok selama setahun ke depan aman dan terkendali. Bahkan, pemerintah sudah menyiapkan tambahan kebutuhan dari hasil produksi petani yang diperkirakan berlangsung pada akhir Februari ini.

"Dalam hitungan kita, memang pada akhir bulan ini sudah memasuki masa panen raya di beberapa daerah. Panen ini meliputi kebutuhan pokok seperti sayur, bawang dan cabe," ujar Syahrul saat mengunjungi Pasar Senen Jakarta bersama Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto, Senin (3/2).

Baca juga : Misi Kemanusiaan Ke Wuhan, Batik Air Bawa 19 Kru Dan 30 Tim Medis

Mentan minta masyarakat tak khawatir dengan merebaknya isu kenaikan bahan pokok yang terjadi belakangan ini. Pasalnya, pemerintah melalui berbagai kementerian terkait sudah menyiapkan skema satu pintu, dengan berupaya menyetabilkan harga di seluruh Indonesia.

"Hari ini kita langsung cek terkait harga beberapa bahan pokok. Alhamdulillah banyak yang stabil, bahkan cendrung turun. Kalau cabai dan bawang putih memang harganya naik karena faktor kemarau dan management pasok yang akan kita perbaiki," katanya.

Baca juga : DPR Minta TNI Pastikan Kebutuhan Operasional Sebelum Pulangkan WNI dari Wuhan

Menurut Sahrul, pemerintah akan meningkatkan transportasi pembawa pangan melalui jalur cepat udara dengan melibatkan jajaran di Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Peningkatan ini dilakukan sebagai upaya Kementan dalam menjaga stabilitas harga pangan.

"Saya sudah lapor ke Menteri Perdagangan dan Menteri Perhubungan agar transportasi laut yang selama ini dijalankan dapat ditingkatkan menjadi transportasi udara. Kalau nantinya masih ada kenaikan juga, kita akan lakukan operasi pasar," katanya.

Baca juga : Mentan "Paksakan" Pemenuhan Pangan Hewani Dalam Negeri

Di tempat yang sama, Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, menyampaikan pentingnya kolaborasi dan sinergitas penentu harga pangan melalui menteri pertanian, menteri perdagangan serta lembaga negara dan badan-badan lainya untuk saling bersinergi. "Kita sudah sepakat untuk kesamaan data dan sama-sama sinergi dengan kementerian pertanian untuk mengedepankan kepentingan rakyat. Utamanya soal harga bahan pokok yang samapai saat ini kondisinya stabil," katanya.

Harga bawang merah di Pasar Senen saat ini mencapai Rp 35 ribu per kilogram. Sedangkan untuk bawang putih dijual dengan harga Rp 45 ribu per kilogram. Ada pun untuk harga cabe mengalami kenaikan 10 persen dari harga normal. Saat ini harganya mencapai Rp 75 ribu per kilogram. Sedangkan harga daging lokal saat ini berada di posisi normal, yakni Rp 110 ribu hingga Rp 115 ribu. Hal itu juga terjadi pada harga beras yang berada di posisi Rp 12 ribu hingga Rp 14 ribu per kilogram. [BYU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.