Dark/Light Mode

Peduli Lingkungan, KAI Galakkan Budaya Bersepeda

Minggu, 27 Januari 2019 10:39 WIB
Direktur Utama KAI Edi Sukmoro (depan, ketiga kiri) turut mendukung upaya pelestarian lingkungan dengan bersepeda. (Foto: Humas KAI)
Direktur Utama KAI Edi Sukmoro (depan, ketiga kiri) turut mendukung upaya pelestarian lingkungan dengan bersepeda. (Foto: Humas KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sesuai misi perusahaan untuk menjaga kelestarian lingkungan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menggalakkan budaya bersepeda di lingkungan internal KAI, dengan meluncurkan Indonesian Railways Cyclist. Komunitas sepeda ini diresmikan Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, pada Jumat (25/1) di Kantor Pusat KAI, Jl. Perintis Kemerdekaan No. 1 Bandung. Setelah diresmikan, puluhan anggota dan pengurus komunitas kemudian menggowes sepedanya berkeliling Kota Bandung.

Banyak manfaat yang didapatkan melalui kegiatan bersepeda. Antara lain menyehatkan jantung, menguatkan otot tubuh terutama kaki, dan juga menyegarkan pikiran. “Manfaat yang lebih besar jika budaya bersepeda dibiasakan masyarakat, adalah terciptanya udara yang lebih bersih, dan mengurangi kemacetan seperti yang bisa kita saksikan di negara-negara maju,” ujar Edi.

Baca juga : I Nerazzurri Gaet Dua Bek

KAI telah memberikan aturan yang dimanfaatkan oleh para pesepeda, saat akan menggunakan kereta api. Aturan tersebut menetapkan bahwa sepeda yang dapat langsung dibawa ke dalam KA, tanpa dikenakan bea tambahan, adalah sepeda lipat atau sepeda biasa yang dikemas sedemikian rupa dalam keadaan komponen-komponennya tidak dirakit menjadi sepeda utuh.

Kemudahan ini sudah dirasakan oleh 150 ,yang sebelumnya diajak KAI untuk mengikuti kegiatan Rail Bike with Galunggung Train pada 12-13 Januari lalu. Para peserta membawa sepedanya masing-masing ke dalam KA Galunggung dari Stasiun Kiaracondong, Bandung menuju Stasiun Tasikmalaya. Di sana, para peserta diajak melakukan gowes bersama berkeliling Tasikmalaya dan sekitarnya.

Baca juga : BNPB Salurkan Bantuan 1,1 M

Ke depan, KAI bahkan berencana membuat kereta yang khusus difungsikan untuk mengangkut sepeda. Dengan begitu, penumpang dapat langsung menggowes sepeda, sesaat setelah tiba di stasiun tujuan. “Saat ini, rencana tersebut masih dalam kajian KAI,” ujar Edi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.